Menemukan Sumber Gagasan Usaha Baru

AsikBelajar.Com | Gagasan usaha tidak dapat diabaikan oleh seseorang yang berminat membuka usaha. Gagasan usaha yang baik menjadi modal dasar bagi keberhasilan usaha. Bagi sebagian orang menciptakan gagasan usaha yang baik dirasakan sangat sulit. Bagi sebagian orang lainnya gagasan usaha sering tercipta dengan sangat mudah. Bagi golongan ini baik dengan disengaja maupun tidak disengaja dipikirkan gagasan usaha banyak bermunculan.

Sumber gagasan usaha jika dilihat dari diri pengusaha dapat dibedakan menjadi sumber ekstern dan sumber intern. Sumber ekstern maksudnya gagasan usaha yang tercipta berasal dari hasil penelitian secara terencana maupun tidak terencana terhadap lingkungan sekitar. Sedangkan sumber intern maksudnya gagasan usaha yang berasal dari potensi yang ada pada diri pengusaha sendiri.

Sumber ekstern dari gagasan usaha dapat digambarkan Sebagai berikut:
Faktor extern dalam menemukan gagasan baru usaha
Seyogyanya semua barang yang pernah dilihat, suara yang pernah didengar, bau yang bisa tercium, permukaan yang bisa diraba, serta citra yang bisa dirasa dapat mengilhami seseorang untuk menciptakan gagasan usaha. Pernahkah Anda memikirkan bahwa semua yang ada pada diri sendiri mulai dari ujung rambut di kepala sampai ujung kuku di kaki telah membuat banyak orang menjadi kaya raya.

Sepatu yang selalu diinjak-injak telah membuat orang yang memproduksinya menjadi kaya. Sepatu juga telah memberikan banyak uang kepada model yang mempromosikannya. Sepatu telah memberikan penghasilan kepada orang yang menjual serta mendistribusikannya. Bahkan sepatu yang sudah rusak sekali pun masih dapat menjadi sumber penghasilan bagi tukang sol sepatu yang memperbaikinya. Tentunya masih banyak orang yang juga mengambil manfaat dari sepatu. Bahkan bukan hanya pengusaha sepatu, tetapi juga pengusaha bahan dasar sepatu seperti pengusaha kulit, pengusaha aksesoris sepatu, pengusaha dus kemasan sepatu, pengusaha lem yang digunakan untuk sepatu, dan lain-lain telah mendapatkan uang yang tidak sedikit dari usaha alas kaki ini.

Sebagai orang yang mencari gagasan usaha sebaiknya berpikiran terbuka. Banyak sisi kehidupan yang dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk terciptanya gagasan usaha. Semua yang ada di alam ini jika dicermati secara seksama, akan dapat mengilhami terciptanya gagasan usaha yang baik bahkan mungkin belum terpikirkan oleh orang lain.

Anda patut bersyukur telah memiliki dan membaca buku ini. Jika Anda cermat buku ini pun dapat menjadi salah satu sumber gagasan usaha; Penulis dan penerbit tentunya akan sangat senang dan terbuka bagi siapa saja yang memiliki gagasan untuk menjadikan buku ini sebagai literatur mata kuliah Kewirausahaan, Manajemen Usaha Kecil, Pengantar Bisnis, dan lain-lain. Setelah membaca buku ini, pengurus himpunan mahasiswa dan senat atau aktivis mahasiswa dapat menyelenggarakan bedah buku atau seminar yang menyoal isi buku ini atau mengupas fenomena tentang kewirausahaan dan manajemen usaha kecil. Dapat juga dilakukan pelatihan penulisan buku ilmiah populer dan. lain-lain. Tentunya semua kreatifitas luar biasa tersebut tidak akan sia-sia bagi penciptanya karena sang kreator akan mendapatkan banyak manfaat atas pemikiran cemerlang dengan segudang kreasi yang luar biasa.

Gagasan usaha juga dapat terlahir dari sumber intern pengusaha. Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kelebihan yang berbeda-beda kepada setiap orang. Tetapi tidak setiap orang akan menyadari kelebihan yang dimilikinya. Salah satu metode untuk menyadari dan membangkitkan bakat masing-masing yang dimiliki adalah dengan cara melakukan introspeksi sambil merenungkan perjalan hidup yang sudah terlewati. Dengan cara ini diharapkan akan disadari dan ditemukan bahwa ternyata masing-masing kita memiliki bakat atau kelebihan tertentu.

Misal, Anda memiliki kebiasaan bernyanyi untuk mengisi waktu luang atau pada saat berada di kamar mandi, dan beberapa orang dekat mengatakan bahwa suara Anda merdu. Maka tidak menutup kemungkinan baru disadari bahwa Anda berpotensi di bidang tarik suara. Orang yang sering ”bergosip ria” akan lebih bermanfaat untuk menjadi tukang dongeng. Para pemuda yang suka berkelahi, lebih baik menyalurkannya ke arah yang positif seperti olah raga tinju. Orang yang suka menggambari dinding rumah orang lain, lebih baik menyalurkan bakat menjadi seorang pelukis. Pada prinsipnya, Anda harus menyadari bakat atau kelebihan yang dimiliki lalu manfaatkanlah secara positif. Sumber intem dari gagasan usaha dapat dilihat pada gambar 3.2.
Faktor intern dalam menemukan gagasan baru usaha
Penggabungan kedua sumber gagasan usaha, yaitu sumber ekstern dan sumber intern akan melahirkan gagasan usaha yang jauh lebih baik. Artinya setelah memiliki gagasan usaha yang bersumber dari hasil pengamatan ekstern, juga didukung dengan bakat, minat dan kemampuan yang ada pada diri sendiri maka gagasan usaha yang tercipta menjadi sebuah kombinasi yang sangat potensial.

Sumber:
Suparyanto, R.W. 2012. Kewirausahaan: Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta. Hal.86-90.

Keyword terkait:
gagasan usaha adalah, gagasan usaha baru, gagasan usaha yang direncanakan, gagasan usaha dan realisasinya, gagasan usaha kreatif, gagasan usaha makanan, gagasan usaha makalah, gagasan usaha kewirausahaan, gagasan jenis usaha dan alasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *