Komponen Usaha Sukses ala Jeffry Timmons & Rosabeth Kanter

AsikBelajar.Com | Ada 2 (ua) ahli yang memberikan komponen usaha sukses dalam menentukan keberhasilan dalam berbisnis ala Jeffry Timmons & Rosabeth Kanter , yaitu:

Menurut Jeffry Timmons ada  komponen untuk mencapai usaha sukses, yaitu:

1. Wirausahawan; yang selalu berorientasi kepada tujuan yang harus dicapai.
2. Peluang; dari setiap perubahan yang mampu dimanfaatkan secara baik guna mencapai keuntungan perusahaan dan kesinambungan usaha. ‘
3. Sumber daya; yang memadai yang dimiliki oleh perusahaan untuk menangkap setiap peluang yang ada.

Seperti pada gambar 8.1 di bawah ini:

3 komponen Jeffry immons
Sementara itu Rosabeth Kanter mengungkapkan Komponen ”4F” usaha sukses sebagai berikut:

1. Founders
Tiap usaha harus dikelola oleh pengusaha yang handal dan profesional. Pengusaha yang mampu memanfaatkan umpan balik dan selalu belajar untuk perbaikan dan perkembangan usahanya.

2. Focused
Tidak semua segmen pasar dilayani tapi memprioritaskan penjualannya kepada pasar sasaran tertentu. Kejelasan pasar sasaran ini akan ditindaklanjuti dengan berbagai strategi yang khusus dirancang untuk menjangkau dan menguasai pasar tersebut.

3. Past
Membuat keputusan dengan cepat dan melaksanakannya secara tepat.Kelambatan dalam pengambilan keputusan akan berakibat fatal terhadap perkembanganusaha. Walaupun sebenarnya banyak peluang yang dapat diraih tetapi karena selalu terlambat dalam memutuskan dan mengambil aksi. Akibatnya peluangpeluang tersebut terlanjur diambil dan dimanfaatkan oleh perusahaan pesaing.

4. Flexible
Berpikiran terbuka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi, di mana langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perusahaan. Pengusaha juga harus tanggap terhadap perubahan yang terjadi. Sebaliknya jika dia lalai terhadap apa yang sedang bergejolak di masyarakat maka kerugian pun dapat dialaminya.

Seperti yang digambarkan no. 7.2 di bawah ini:.
Rosabeth Kanter

Sumber:
Suparyanto, R.W. 2012. Kewirausahaan: Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *