Kenapa Inovasi & Improvement Penting?

AsikBelajar.Com | Ada kalimat yang berbunyi: “TIDAK ADA YANG ABADI DI DUNIA INI KECUALI PERUBAHAN”. Tidak terkecuali dalam berbisnis. Bila bicara tentang bisnis berarti bicara tentang perubahan.  Untuk dapat bertahan dalam perubahan kata kuncinya ada 2, yakni INOVASI dan IMPROVEMENT. Inovasi dan Improvement menurut penulis adalah 2 aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan ini dan harus dilakukan bagi profesi apapun terlebih yang bergelut dengan dunia bisnis. Boleh dikatakan 2 kata tersebut merupakan kata kunci (keyword) untuk melakukan aktivitas bisnis agar mencapai goal / kesuksesan sesuai harapan.

Inovasi dan improvement

Menurut etimologi, inovasi berasal dari kata innovation yang bermakna ‘pembaharuan; perubahan (secara) baru’. Inovasi adakalanya diartikan sebagai penemuan, tetapi berbeda maknanya dengan penemuan dalam arti diskoveri atau invensi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata inovasi [ino•va•si] merupakan kata Nomina (kata benda) yang memiliki arti: 1) pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaharuan. contoh: inovasi yang paling drastis dalam dasawarsa terakhir ialah pembangunan jaringan satelit komunikasi. 2) penemu-an baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat).

Rogers dan Shoemaker mengartikan inovasi sebagai ide-ide baru, praktik-praktik baru, atau objek-objek yang dapat dirasakan sebagai sesuatu yang baru oleh individu atau masyarakat sasaran. Pengertian baru di sini, mengandung makna bukan sekadar baru diketahui oleh pikiran (cognitive), melainkan juga baru karena belum dapat diterima secara luas oleh seluruh warga masyarakat dalam arti sikap (attitude) dan juga baru dalam pengertian belum diterima dan diterapkan oleh seluruh warga masyarakat setempat.

Sedangkan arti kata improvement di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti kb. perbaikan, kemajuan.

Improvement masuk ke dalam bahasa inggris atau english yaitu bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai Bangsa, serta beragam organisasi lainnya.

Jadi betapa pentingnya suatu inovasi dan improvement dalam kehidupan ini. Namun, suatu inovasi tanpa dilakukan aktivitas improvement tidak akan maksimal hasilnya, dan improvement tanpa ada inovasi akan sia-sia.

Menurut penulis, ada beberapa alasan kenapa dalam kehidupan ini kita perlu melakukan inovasi dan improvement, yakni:
1. Dunia Terus Berubah
2. Ingin Meningkatkan Produktvitas
3. Supaya Dapat Bersaing
4. Belajar dari Kegagalan Orang Lain
5. Ingin Mencapai Goal / Target
6. Memenuhi Kebutuhan yang Belum Terpenuhi
7. Supaya Dapat Bertahan

Keyword:
inovasi pendidikan, inovasi produk, inovasi pembelajaran, inovasi alat, inovasi baru, improvement project, improvement perusahaan, improvement administrasi, improvement and innovation, a improvement of education

Pustaka:
1. Rogers, Everett M. 1983. Diffussion of Innovation. Canada: The Free Press of Macmillan Publishing Co.
2. Berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *