Kelebihan dan Kelemahan Quantum Learning

By | 30/04/2020

AsikBelajar.Com | Model pembelajaran quantum learning juga mempunyai keunggulan atau kelebihan dan celah kekurangan. Nah, berikut ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari metode belajar quantum learning.

Quantum learning

a. Kelebihan Quantum Learning
Pembelajaran kuantum menekankan perkembangan akademis dan keterampilan. Dari sebuah pengalaman yang diselenggarakan oleh Learning Forum di Supercamp yang mempraktikkan pembelajaran kuantum, ternyata murid-muridnya mendapat nilai yang lebih baik, lebih banyak berpartisipasi dan merasa lebih bangga pada diri mereka sendiri. Dalam pendekatan pembelajaran kuantum, pendidik …166

mampu menyatu dan membaur pada dunia peserta didik sehingga pendidik bisa lebih memahami peserta didik. Ini menjadi modal utama yang Iuar biasa untuk mewujudkan metode yang lebih efektif, yaitu metode belajar-mengajar yang lebih menyenangkan.

Model pembelajarannya pun lebih santai dan menyenangkan, sebab proses belajar diiringi dengan musik. Hal ini untuk mendukung proses belajar karena musik akan bisa meningkatkan kinerja otak sehingga diasumsikan bahwa belajar dengan diiringi musik akan mewujudkan suasana yang lebih menenangkan dan materi yang disampaikan lebih mudah diterima.

Penyajian materi pelajaran yang secara alami merupakan proses belajar yang paling baik, yaitu terjadi ketika siswa telah mendapatkan dan mengalami informasi sebelum mereka memperoleh penjelasan untuk apa yang mereka pelajari. Sehingga, siswa berada pada zona nyaman untuk kemudian sedikit demi sedikit keluar dari zona nyaman untuk melakukan penjelajahan yang sesungguhnya yaitu kegiatan belajar itu sendiri.

Pada pembelajaran kuantum, objek yang menjadi tujuan utama adalah siswa. Maka dari itu, guru mengupayakan berbagai interaksi dan menyingkirkan hambatan belajar dengan cara yang tepat agar siswa dapat belajar secara mudah dan alami. Semua Itu adalah bertujuan untuk melejitkan prestasi siswa. …167

Quantum learning sebagai salah satu metode belajar dapat memadukan antara berbagai sugesti positif dan interaksinya dengan lingkungan yang dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar seseorang. Lingkungan belajar yang menyenangkan dapat menimbulkan motivasi pada diri seseorang sehingga secara langsung dapat mempengaruhi proses belajar metode quantum learning dengan teknik peta pikiran (mind mapping) memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan potensi akademis (prestasi belajar) maupun potensi kreatif yang dimiliki para siswa.

Selain kelebihan tersebut, ada beberapa manfaat lain dari pembelajaran model quantum learning yang bisa menjadi kelebihan belajar. Di antaranya sebagai berikut.

1) Sikap positif. sugesti sangat mempengaruhi terhadap tingkah laku siswa. Quantum learning lebih menekankan pada sugesti positif dan menghindari sugesti negatif, tujuannya adalah untuk menanamkan sikap positif pada siswa. Karena, sugesti positif akan mengarahkan pikiran anak terhadap perasaan dan tingkah Iaku dari suatu keadaan yang dikehendaki.

2) Motivasi. Motivasi menentukan intensitas usaha anak dalam belajar. Dengan kata lain, dengan adanya usaha yang tekun dan terutama didasari adanya motivasi, maka seorang anak ajan dapat melahirkan prestasi yang baik. Makin tepat motivasi yang diberikan, makin berhasil peiajaran itu. Anak yang gagal dalam belajarnya tidak dapat …168

disalahkan begitu saja. Mungkin gurunya yang tidak berhasil dalam memberikan motivasi kepada siswanya.

3) Keterampilan belajar seumur hidup. Dengan mempelajari quantum learning, seseorang akan mendapatkan teknik atau keterampilan belajar. Dalam quantum learning terdapat beberapa keterampilan belajar yang dapat meningkatkan belajar seseorang. Keterampilan itu sebagai modal seseorang untuk hidup, karena orang hidup yang dinamis dan tidak ketinggalan zaman adalah orang yang terus belajar. Sedangkan belajar membutuhkan keterampilan-keterampilan seperti yang ditawarkan oleh quantum learning. Keterampilan-keterampilan itu sangat bermanfaat sekali untuk dapat belajar Iebih efektif.

4) Kepercayaan diri. Dengan mengetahui dan meIaksanakan beberapa keterampilan yang ada dalam quantum learning, seseorang akan merasa percaya diri dengan potensi yang dimilikinya. Sebab, quantum learning membimbing seseorang menuju arah keberhasilan. Ketika seseorang berhasil, maka ia akan bangga dengan apa yang telah dilakukan.

5) Sukses. Dengan mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada dalam quantum learning, seseorang akan merasakan hasil yang memuaskan. Meraih kesuksesan dengan penuh semangat dan keriangan. Quantum learning tidak …169

mengajak seseorang pada kehancuran, tetapi membimbing ke arah kesuksesan.

b. Kelemahan Quantum Learning
Sedangkan kelemahan dari metode belajar quantum learning menurut Tony Buzan adalah sebagai berikut:
1) Memerlukan dan menuntut keahlian dan keterampilan guru lebih khusus.
2) Memerlukan proses perancangan dan persiapan pembelajaran yang cukup matang dan terencana dengan cara yang lebih baik.
3) Adanya keterbatasan sumber belajar, alat belajar, dan menuntut situasi dan kondisi serta waktu yang lebih banyak. …170

Sumber:  Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press: Yogyakarta.Hal.166-170.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *