3 Kebutuhan Pokok Dalam Proses Tumbuh Kembang Anak

AsikBelajar.Com | Anak dalam masa tumbuh kembangnya, secara garis besar memerlukan tiga kebutuhan pokok.

Pertama, kebutuhan flsik-biomedis (asuh). Sejak dalam kandungan, anak memerlukan pengasuhan dari kedua orang tuanya berupa pemenuhan gizi nutrisi untuk janin, keamanan janin, perawatan kesehatan dasar. Terpenuhinya tempat tinggal yang layak, higiene dan sanitasi, cukup sandang, sem terpenuhinya kesehatan jasmani anak.

Kedua, kebutuhan emosi atau kasih sayang (asih). Pada tahun tahun pertama kehidupan, hubungan mesra dan penuh kasih sayang antara anak dan ibu merupakan syarat mmlak untuk menjamin proses tumbuh kembang yang selaras baik fisik, mental maupun psikososial. Kekurangan kasxh sayang ibu pada tahun pertama kehidupan anak mempunyai dampak negatif pada tumbuh kembang anak baik fisik, mental maupun sosial emosi anak yang disebut Ma’ani: depnvasi maternal.

Ketiga, kebutuhan stimulasi mental (asah) sejak dini merupakan cikal bakal prosa belajar. Stimulasi pada anak harus dimulai sedini mungkin (melalui pemberian ASI maar setelah lahir). Pada ASI pertama terdapat n! Mustain yang sangat berguna bagi kesehatan dan otak bayi. ASI juga dapat mengoptimalkan perkembangan sensorik dan kognitif serta memberikan perlindungan terhadap berbagai infeksi.

Sumber:
Aisyah, Siti. 2008. Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Hal.2.22.

Posting by: Raysha Amallia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *