Kebutuhan Fisik Anak Usia Sampai Dengan 4 Tahun

By | 25/10/2020

AsikBelajar.Com | Anak yang sehat adalah anak yang secara fisik maupun psikis sehat. Perkembangan seorang anak dipengaruhi oleh gizi dan kesehatan. Anak yang sehat akan mengalami lonjakan perkembangan yang lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang tidak sehat. Anak yang sehat akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang normal dan wajar, yaitu #4.17

sesuai dengan standar pertumbuhan fisik anak secara umum pada tingkat usianya dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan standar kemampuan fisik anak seusianya. Untuk mendapatkan anak yang sehat secara fisik, psikis dan berkualitas perlu disiapkan sejak bayi masih dalam kandungan. Pada saat anak masih dalam kandungan, kondisi ibu sangat mempengaruhi janinnya sehingga ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya serta kesehatan fisik dan psikisnya.

Anak-anak yang masih kecil terutama pada bayi dan balita sangat membutuhkan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan dan kesehatan mereka. Ciri-ciri anak yang sehat menurut Departemen Kesehatan RI (1993) adalah sebagai berikut.
1. Tumbuh dengan baik, yang dapat dilihat dari naiknya berat dan tinggi badan secara teratur dan proporsional.
2. Tingkat perkembangannya sesuai dengan tingkat umurnya.
3. Tampak aktif/gesit dan gembira.
4. Mata bersih dan bersinar.
5. Bibir dan lidah tampak segar.
6. pernapasan tidak berbau.
7. kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering.
8. mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Pada masa kanak-kanak tempo atau kecepatan pertumbuhan cenderung melambat dibandingkan dengan masa bayi. Oleh karenanya, kebutuhan akan makanan juga menurun. Demikian pula dengan nafsu makan mereka. Adalah hal yang wajar jika anak usia 3-6 tahun makannya lebih sedikit jika dibandingkan dengan bayi dilihat dari perbandingan antara perbandingan jumlah makanan yang dikonsumsi dengan ukuran tubuh masing-masing. Pada usia ini yang penting adalah pembentukan kebiasaan memakan berbagai macam makanan yang bergizi karena makanan akan mempengaruhi pertumbuhan tulang, bentuk tubuh dan kerentanan terhadap penyakit. Anak perlu dibiasakan untuk makan dengan menu empat sehat lima sempurna. Apalagi pada usia ini anak selalu bergerak dan tidak dapat diam sehingga memerlukan energi. Berbicara tentang kebutuhan, berikut ini kita akan membahas tentang:
(1) kebutuhan energi,
(2) kebutuhan tidur. dan
(3) perilaku makan. #4.18

Sumber:
Aisyah, Siti. 2008. Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Hal. 4.17-4.18.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *