Jenis Penelitian ”Variabe yang Akan Datang”

By | 14/02/2020

AsikBelajar.Com | Selain penelitian terhadap variabel ”masa lalu” yang variabelnya sudah hadir sebelum penelitian dilaksanakan dan penelitian yang variabelnya ada langsung diteliti proses kehadiran dan berlangsungnya kejadian, ada juga penelitian yang menghadilkan variabel, yaitu dengan sengaja membuat agar ada variabel yang hadir, kemudian diteliti dan dicermati bagaimana dampaknya. lnilah yang dikenal dengan penelitian eksperimen, atau penelitian percobaan. Dengan penelitian eksperimen dimaksudkan untuk mengetahui akibat atau dampak sesuatu kejadian atau variabel yang dihadirkan oleh peneliti.

Ragam penelitian

Bagi para guru yang tugas profesionalnya mengajar, dan mungkin juga kepala sekolah yang masih mempunyai tugas mengajar, peningkatan mutu profesionalitasnya tidak boleh sembarangan, tetapi harus dicoba bagaimana keefektifannya. Mencobakan suatu perlakuan, misalnya menggunakan metode tertentu yang diperkirakan akan berdampak pada peningkatan prestasi siswa, perlu dicoba dan diamati dampaknya. Mencobakan metode tersebut dilakukan melalui penelitian eksperimen. Ketika eksperimen dilakukan, peneliti mencermati proses eksperimennya, kemudian juga mencermati bagaimana dampak perlakuan tersebut bagi peningkatan prestasi belajar siswa.

Pilihan jenis peningkatan tersebut dapat ditentukan hanya apabila sudah dilakukan melalui percobaan, yang dalam bahasa ilmiahnya adalah eksperimen. Penelitian eksperimen mencobakan perlakuan (treatment) yaitu metode yang diperkirakan berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Sebetulnya penelitian ex post facto yang sudah diberikan contohnya …19

di atas, sudah merupakan penelitian eksperimen, tetapi pengumpulan data hanya dilakukan sesudah perlakuan selesai atau sudah Iewat waktu. Dalam contoh yang sudah dijelaskan, yang dipandang sebagai perlakuan adalah penggunaan KTSP.

Ada beberapa jenis penelitian eksperimen yang dapat dilakukan oleh pengawas urut sesuai kualitas kegiatannya, yaitu (1) eksperimen ”satu kali tembak” (one shot case study), (2) eksperimen perbandingan perlakuan tanpa ada pretest, (3) eksperimen perbandingan sempurna, dengan model pre. test, pemberian perlakuan berbeda, kemudian baru posttest. Penjelasan tentang berbagai eksperimen akan disajikan pada bagian Iain. …20

Sumber:
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.Hal.19-20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *