Hipotesis Statistik & Jenis Pengujian Hipotesis

AsikBelakar.Com | Artikel ini diambil dari bukunya Dr.Riduwan, M.B.A yang membahas tentang apa itu hipotesis statistik, apa jenis-jenisnya termasuk contoh dalam masing-masing jenis tersebut.

1) Hipotesis Statistik
Hipotesis statistik adalah pernyataan statistik tentang populasi yang diteliti. Jika menguji hipotesis penelitian dengan perhitungan statistik, maka rumusan hipotesis tersebut perlu diubah ke dalam rumusan hipotesis statistik. Kalau datam rumusan hipotesis penelitian hanya dituliskan salah satu saja yaitu hipotesis aIternatif (Ha) atau hipotesis nol (Ho). Sedangkan dalam hipotesis statistik keduanya dipasangkan sehingga dapat diambil keputusan dengan tegas yaitu menerima Ho berarti menolak Ha begitu juga sebaliknya apabila menolak Ho berarti menerima Ha. Hipotesis statistik ini dirumuskan untuk menjelaskan gambaran dan parameter apa dari populasi.

2) Jenis Pengujian Hipotesis
Jenis pengujian hipotesis yang dikenai dalam penelitian ada dua yaitu hipotesis direksional (hipotesis langsung) dan Hipotesis Non Direksional (hipotesis tidak langsung). Supaya lebih jelasnya dapat diuraikan:

a. Hipotesis Direksional adalah rumusan hipotesis yang arahnya sudah jelas atau disebut juga hipotesis langsung. Sedangkan pengujian hipotesis direksional terdiri dari dua yaitu uji pihak kiri dan uji pihak kanan.

b. Hipotesis Non Direksional (hipotesis tidak langsung) adalah hipotesis yang tidak menunjukkan arah tertentu. Jika rumusan Ha berbunyi kalimat: tidak sama dengan (≠), maka sebaliknya Ho berbunyi kalimat: sama dengan (=). Pengujian ini menggunakan uji dua pihak (two tailed test).

Contoh sebagai berikut:
1. Uji Dua Pihak (Two Tailed Test) > Klik Disini

2. Uji Pihak Kanan (One Tailed Test) > Klik Disini

3. Uji Pihak Kiri (One Tailed Test) > Klik Disini

Sumber:
Riduwan, 2010. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: ALFABETA. Hal. 42-43.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...