Hakikat DAP (Developmentally Appropriate Practice)

By | 05/09/2020

AsikBelajar.Com | Ada tiga hal penting ketika membicarakan hakikat DAP atau Developmentally Appropriate Practice, yakni mengenai Pengertian DAP, Landasan DAP dan Prinsip pelaksanaan DAP itu sendiri. inilah rangkuman hal tersebut, semoga dapat bermanfaat:

Konsep DAP atau Developmentally Appropriate Practice secara bebas dapat diartikan dengan pendidikan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Pada awalnya konsep DAP ini muncul di Amerika pada tahun l980-an, sebagai bentuk perbaikan dari praktik pendidikan pada waktu itu yang dianggap tidak sesuai dengan tahapan perkembangan anak, terutama untuk anak di bawah 8 tahun. Pada waktu itu, kurikulum yang ada dianggap telah gagal menghasilkan anak yang dapat berpikir kritis dan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan. Oleh karena itu, para ahli yang tergabung dalam organisasi NAEYC (National Association for The Education of Young Children) dipelopori oleh Bredekamp membuat petisi untuk melakukan reformasi pendidikan melalui konsep DAP tersebut.

Artikel ini terdiri dari:
A. Pengertian DAP [penjelasan Klik Disini]
B. Landasan DAP [penjelasan Klik Disini]
C. Prinsip-prinsip Pelaksanaan DAP bagi anak usia dini [penjelasan Klik Disini]

Sumber:
Aisyah, Siti. 2008. Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Keyword terkait:
dap developmentally appropriate practice, pengertian dap (developmentally appropriate practice), pengertian developmentally appropriate practice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *