Editing, Pengetikan Konsep dan Penyajian Karya Ilmiah

AsikBelajar.Com | Dalam proses pembuatan karya ilmiah, terdapat proses akhir yang memerlukan ketelitian secara seksama agar karya ilmiah yang disajikan sesuai dengan yang diinginkan penulis. Proses tersebut adalah:

A. Editing dan Pengetikan Konsep
Sebelum dilakukannya kegiatan pengetikan, maka konsep perlu dilakukan pemeriksaan terhadap bagian-bagian yang terulang.  Kegiatan penyuntingan ini diperlukan guna menghindari penjelasan yang tidak diperlukan atau adanya tambahan penjelasan, termasuk penyuntingan bahasa yang digunakan.

Sekarang ini, pengetikan dilakukan menggunakan komputer, sehingga kegiatan penyuntingan bisa langsung dilakukan saat proses pengetikan dilakukan atau pengetikan sudah selesai.

B. Penyajian
Setelah kegiatan penyuntingan dilakukan (baik konsep dalam bentuk tulisan tangan di kertas, maupun pengeditan di komputer), maka langkah selanjut adalah mencetak laporan atau sering disebut sebagai produk hard copy.  Pengetikan ini disesuaikan dengan sistematika yang berlaku di masing-masing lembaga pendidikan.  Mulai dari ukuran kertas, margin, sampai dengan cara mengutip.

Diresum dari buku:
Dwiloka, B. dkk. 2005. Teknik  Karya Ikmiah. Jakarta. Rineika Cipta. Hal. 24.

Keyword Terkait:
penyajian karya ilmiah, penyajian karya ilmiah berdasarkan struktur sajian, metode penulisan dan penyajian karya ilmiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...