Dimensi Kesosialan pada Manusia - AsikBelajar.Com

Dimensi Kesosialan pada Manusia

AsikBelajar.Com | Manusia itu pada dasarnya adalah mahluk yang mampu bermasyarakat, memiliki kecenderungan untuk bekerja sama, bergotong- royong, dan saling tolong-menolong. Menurut Tirtarahardja & Sulo (2005) setiap manusia dilahirkan telah dikaruniai potensi untuk hidup bersama dengan orang lain.

Manusia dilahirkan memiliki potensi sebagai makhluk sosial. Menurut Immanuel Kant, manusia hanya menjadi manusia jika berada di antara manusia. Hidup bersama dan berada di antara manusia lain, akan memungkinkan seseorang dapat mengembangkan kemanusiaannya. Sebagai makhluk sosial, manusia saling berinteraksi. Hanya dalam berinteraksi dengan sesamanya, dalam saling menerima dan memberi seseorang menyadari dan menghayati kemanusiaannya.

Dimensi sosial ini mambuat manusia tidak dapat hidup seorang diri. Manusia senantiasa membutuhkan sesamanya. Kehadiran sesama dalam hidup manusia semakin membuat manusia menyadari dirinya. Oleh karena itu, manusia selalu hidup pada suatu kelompok sosial tertentu, dimana ia dapat belajar tentang nilai-nilai budaya yang diciptakan oleh generasi sebelumnya. Kondisi ini akan membuat manusia bertindak secara khas sebagai manusia. Kehadiran sesama bagi manusia juga membuat hidupnya semakin memiliki arti (Sneijders, 2004).

Hidup bersama dengan sesama membuat hidup manusia selalu terkait dalam relasi dengan sesamanya. Terkait dengan itu, Bertens (1990) mengutip pendapat Martin Buber bahwa dalam diri manusia terdapat dua jenis relasi yang mendasar. Relasi tersebut ialah relasi aku- objek (I-it) serta relasi aku-engkau (I-thou). Relasi aku-objek (I-it) berarti manusia dapat mempergunakan serta menguasai objek dengan sesuka hatinya.

Relasi aku-engkau (I-thou) manusia menghargai sesamanya dengan segala keunikannya. Sesama dipandang sebagai anugerah yang akan semakin menyempurnakan setiap person yang terlibat dalam relasi tersebut.

Sumber:
Husamah dkk. 2015. Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhamadiyah. Hal. 15.

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress