Daun Kaki Kuda: 13 Kegunaan, Cara Pengobatan & Pencegahan Penyakit

By | 31/08/2019

AsikBelajar.Com | Daun Kaki kuda adalah jenis flora/tanaman dengan nama latin Centella asitica yang dipercaya daunnya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Daun kaki kuda

Daun kaki kuda biasanya tumbuh secara liar di pekarangan dan memiliki beberapa nama panggilan lokal yang dikenal dengan kostekosan, antanan, tungke, gagan, dan rendeng. Bentuk flora berupa terna dan memiliki ciri daun menyerupai bentuk hati warna hijau. Pinggiran daun bergerigi dan sedikit berambut halus. Bunganya berwarna putih agak sedikit kemerahan serta buahnya berbentuk pipih.

Sedangkan Terna adalah tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu. Tumbuhan semacam ini dapat merupakan tumbuhan semusim, tumbuhan dwimusim, ataupun tumbuhan tahunan. Yang dapat disebut terna umumnya adalah semua tumbuhan berpembuluh (tracheophyta).

Kegunaan Daun Kaki Kuda
Daun kaki kuda dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Misalnya sakit perut, cacingan, mencret, muaI-mual karena hamil, batuk bronkhitis, batuk pilek, batuk menahun, penyakit kulit, gatalgatal, panas demam, pusing akibat kurang gizi, pusing akibat tekanan darah tinggi dan asma.

A. Obat Sakit Perut
Penderita sakit perut umumnya menampakkan gejala-gejala sebagai berikut:
a. nafsu makan berkurang,
b. perut terasa mulas,
c. sering ke kamar kecil untuk buang air besar.

Cara pengobatan
Ambil 15 lembar daun kaki kuda, kunyit sebesar setengah ibu jari, enam butir pulosari, dan ketumbar. Tumbuklah bahanbahan tersebut jadi satu. Bila sudah agak halus masukkan hasil tumbukan ke dalam gelas yang berisi air masak. Saring air hasil campuran tersebut dan minumlah airnya sampai penyakitnya terasa berkurang atau sembuh. Lakukan dua kali sehari.

Pencegahan timbulnya penyakit
Biasakan minum air yang sudah dimasak sampai mendidih . terlebih dahulu. Makanan dan minuman harus bersih untuk mencegah kuman penyakit; Jangan makan makanan yang’sudah basi. .

Apabila sakit perut disertai dengan muntah-muntah dan berak-berak, maka segera pergi ke dokter atau PUSKESMAS terdekat. Jangan sepelekan gejala sakit perut disertai berak-berak dan muntah-muntah!

B. obat Cacingan
Penderita cacingan umumnya menampakkan gejala-gejala sebagai berikut:
a penderita merasa tidak pernah kenyang,
b. perut kembpng dan selalu berbunyi,
c. kepala terasa pusing-pusing,
d. kadang-kadang disertai gejala gataI-gatal, sesak napas, dan batuk-batuk.

Cara pengobatan
Ambil 15 lembar daun kaki kuda. Rebus daun tersebut dengan dua gelas air sampai mendidih. Biarkan hingga dingin. Saring dan minumlah airnya setelah ditambah dengan sedikit garam dan jeruk nipis. Lakukan dua kali sehari setiap kali satu gelas.
Pencegahan timbulnya penyakit
Cuci tangan dengan sabun sebelum makan dan sehabis terkena tanah, buang air besar pada tempatnya (di jamban), potong kuku jarijari tangan dan kaki, di mana biasa terdapat telur cacing.

Penularan penyakit cacingan dapat terjadi bila telur cacing yang tersebar di mana-mana (di tanah) tertelan masuk ke dalam perut. Karena itu mencuci tangan sebelum makan dan memotong kuku dapat mencegah telur cacing tertelan ke dalam perut. Di dalam perut manusia, telur cacing menetas. Setelah dewasa cacing itu bertelur. Telurnya ikut terbuang bersama kotoran ketika penderita buang air besar.

C. Obat Mencret
Orang yang menderita mencret umumnya menampakkan gejalagejala sebagai berikut:
a. sering berak berbentuk cair,
b. setelah beberapa kali berak-berak badan terasa lemas dan lesu (tidak bertenaga),
c. sering merasa haus, d. kepala terasa pusing.

Cara pengobatan :
Ambil 15 lembar daun kaki kuda yang telah kering. Rebus daun tersebut selama lima belas menit. Airnya diminum dua kali dalam sehari setiap kali satu gelas.

Pencegahan timbulnya penyakit
Jangan berak di sembarang tempat, makanan dan minuman harus selaiu bersih dan terhindar dari kotoran, lalat, dan debu. Mencuci tangan sebelum makan, biasakan memasak air minum sampai mendidih. Bila mencret tidak kunjung berhenti, datanglah ke dokter atau PUSKESMAS terdekat.

D. Obat Mual-mual Karena Hamil
Penderita yang mengalami mual-mual biasanya pada masa awal kehamilan, umumnya menampakkan gejala-gejala sebagai berikut:
a. haid terhenti,
b. selalu ingin makan yang masam-masam,
c. kepala terasa pusing-pusing.

Cara pengobatan
Ambil 15 lembar daun kaki kuda. Tumbuk sampai halus, campur dengan dua ge|as air masak, dan saringlah. Campur dengan jeruk nipis, gula, dan asam secukupnya. Minum sesering mungkin, bila merasa mual-mual.

Pencegahan timbulnya penyakit
Makan rujak atau makanan yang asam sangat membantu mengatasi rasa mual. Jangan makan nanas muda. Makanlah makanan yang bergizi tinggi yang diperIukan bagi pertumbuhan janin, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

E. Obat Batuk Bronkhitis (karena radang saluran pernapasan)
Penderita batuk bronkhitis umumnya menampakkan gejalasebagai berikut:
a. dada dan pangkal tenggorokan terasa nyeri dan panas,
b. tidak jarang disertai sesak napas,
c. sering batuk disertai riak atau dahak.

Cara pengobatan
Ambil satu genggam daun kaki kuda. Rebus daunnya bersama air sebanyak tiga gelas sampai mendidih. Biarkan terus mendidih sampai air tinggal separuhnya. Campur dengan garam secukupnya kemudian diminum tiga kali sehari, sebanyak setengah gelas.

Pencegahan timbulnya penyakit
Bila tidur malam harus selalu menggunakan baju agar tidak mudah masuk angin. Tidak boleh sering keluar malam karena angin malam dapat menyebabkan batuk bronkhitis. Makanlah makanan bergizi.

F. Obat Batuk Pilek
Penderita batuk pilek umumnya menampakkan gejaIa-gejala sebagai berikut:
a. sakit kepala dan otot terasa nyeri,
b. hidung tersumbat, sulit bernapas,
c. badan terasa panas (meriang),
d. pilek, sering kelua ingus.

Cara pengobatan
Ambil satu genggam daun kaki kuda. Rebus bersama enam gelas air sampai mendidih. Biarkan terus mendidih sampai air tinggal separuhnya.Tambahkan sedikit gula dan minum tiga kali dalam sehari satu sampai dua gelas.

Pencegahan timbulnya penyakit
Makanan yang dimakan haruslah makanan bergizi, yaitu makanan yang memenuhi syarat empat sehat dan lima sempurna. Bila mempunyai penyakit batuk-batuk, jangan meludah di sembarang tempat. Ludah dari penderita dikhawatirkan mengandung kuman-kuman penyakit. Istirahat yang cukup. Hidup teratur disertai olah raga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

G. Obat Batuk Menahun
Penderita batuk menahun umumnya menampakkan gejala-gejala sebagai berikut:
a batuk tidak kunjung sembuh,
b. badan bertambah kurus, berat badan menurun,
c. sering berkeringat pada pagi hari,
d. kadang kala mengalami sesak napas.

Cara pengobatan
Ambil satu genggam daun kaki kuda lalu ditumbuk. Campur dengan satu gelas air masak, peras, dan saringlah. Agar rasanya enak tambahkan garam, gula, asam atau jeruk nipis secukupnya. Minumlah sebanyak satu sampai tiga gelas dalam sehari untuk menambah daya tahan tubuh dan menambah nafsu makan.

Pencegahan timbulnya penyakit
Makanlah makanan bergizi, yaitu makanan yang memenuhi syarat empat sehat, dan lima sempurna. Bila gejala batuk-batuk berlangsung terus-menerus, jangan meludah di sembarang tempat. Dikhawatirkan ludah penderita akan menyebarkan kuman penyakit.

H. Obat Penyakit Kulit
Penderita penyakit kulit umumnya menampakkan gejala-gejala sebagai berikut:
a. borok dan bisul timbul silih berganti timbul luka karena sering digaruk,
b. badan terasa panas,
c. kulit terasa kebal terhadap rasa sakit.

Cara pengobatan
Daun kaki kuda dimakan sebagai lalapan (sebelumnya harus dicuci hingga bersih terlebih dahulu), tiga kali dalam sehari masing-masing satu genggam.

Pencegahan timbulnya penyakit
Kebersihan badan harus selalu dijaga. Mandi dua kali dalam sehari, dengan menggunakan sabun untuk membasmi kuman yang menempel pada kulit. Menyikat gigi tiga kali dalam sehari. Pakaian harus dicuci dan dijemur sesering mungkin. Harus selalu makan makanan yang bergizi.

I. Obat Gatal-gatal
Penderita penyakit gatal-gatal umumnya menampakkan gejala-geiah sebaga| berikut:
a. pada daerah yang gatal terasa perih,
b. kulit di daerah tersebut melepuh atau lecet-Iecet karena digaruk.

Cara pengobatan
Ambil beberapa lembar daun kakikuda. Bersihkan daun tersebut dengan air bersih kemudian kunyahlah. Hasil kunyahan dapat langsung ditempelkan pada daerah yang terasa gatal sebagai obat kompres.

Pencegahan timbulnya penyakit
Banyak makan sayur-sayuran, buah-buahan, tempe, tahu, dan |kan. Bila pada daerah yang gatal tersebut terjadi luka yang tidak kunjung sembuh, sebaiknya cepat pergi ke dokter atau PUSKESMAS. Luka yang bernanah harus sering dicuci dengan cairan air bercampur sabun dan segera dikeringkan kemudian diberi obat merah. Hati-hati Iuka yang terjadi dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

J. Obat Panas Demam
Penderita panas demam umumnya menampakkan gejala-gejala sebagai berikut:
a. badan terasa lemah dan lesu,
b. otot-otot dan persendian terasa nyeri,
c. kepala terasa pusing-pusing, d. nafsu makan berkurang,
e. dapat disertai batuk-batuk.

Cara pengobatan
Ambil satu genggam daun kaki kuda. Bersihkan dengan air bersih. Tumbuklah daun tersebUt hingga halus. Ambil air masak dua gelas lalu masukkan hasil tumbukan daun ke dalam air, kemudian disaring. Tuangkan sedikit air jeruk nipis dan garam. Minumlah dua atau tiga kali dalam sehari sebanyak satu gelas.

Hati-hati dengan demam (suhu tubuh tinggi) sebab bila terjadi demam itu merupakan gejala penyakit yang lain.

Pencegahan timbulnya penyakit
Banyak beristirahat, tidak boleh terlalu capek. Banyak makan makanan yang bergizi.

K. Obat Pusing Akibat Kurang Gizi
Penderita kurang gizi umumnya menampakkan gejaIa-gejala sebagai berikut:
a. badan terasa lemah dan lesu,
b. nafsu makan berkurang,
c. wajah pucat,
d. sering merasa kesemutan.

Cara pengobatan
Ambil satu genggam daun kaki kuda kemudian rebus dalam dua gelas air sampai mendidih. Biarkan terus mendidih sampai airnya tinggal separuhnya. Saring dan minumlah airnya dua atau tiga kali dalam sehari.

L. Obat Pusing Akibat Tekanan Darah Tinggi
Penderita penyakit tekanan darah tinggi umumnya menampakkan gejaIa-gejala sebagai berikut:
a. sering merasa pusing-pusing,
b. kepala terasa berdenyut pada waktu berdiri dari posisi duduk atau berbaring.

Cara pengobatan
Ambil satu genggam daun kaki kuda kemudian rebus dalam dua gelas air sampai mendidih Biarkan terus mendidih sampai airnya tinggal separuhnya. Saring dan minumlah air rebusan tersebut satu kali dalam sehari selama sepuluh hari atau lebih.

Jangan sepelekan penyakit tekanan darah tinggi ini. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter!

Pencegahan timbulnya penyakit
Beristirahatlah yang cukup dengan pola hidup teratur, jangan memikirkan hai-hai yang dapat membebani pikiran. Makanlah makanan yang tidak banyak mengandung lemak atau berminyak, kurangi memakan makanan yang banyak mengandung garam. Dianiurkan banyak makan buah-buahan segar atau sayur-sayuran.

Hindarilah merokok. Jagalah agar berat badan seimbang dengan tinggi badan. Bila badan semakin gemuk, maka kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh akan semakin berat karena terhimpit oleh lemak tubuh.

Lakukan pemeriksaan kesehatan (check up) secara teratur ke dokter, untuk memperoleh tekanan darah yang ideal. Hindari serangan stroke mendadak yang fatal akibatnya (dapat menyebabkan kematian).

M. Obat Asma
Penderita asma umumnya menampakkan gejaIa-gejala sebagai berikut:
a. bila bernapas berbunyi (Jawa: mengi),
b. badan terasa |emah,
c. ludah mengental (dahak).

Cara pengobatan
Ambil satu genggam daun kaki kuda. Tumbuklah daun tersebut dan tambahkan air masak sebanyak dua gelas. Peras kemudian saringlah. Tambahkan air jeruk nipis dan garam secukupnya, diminum tiga kali dalam sehari sebelum makan. Obat ini berfungsi sebagai obat penenang.

Pencegahan timbulnya penyakit
Ada kemungkinan penyakit asma disebabkan oleh alergi. Ada jenis makanan tertentu, atau keadaan/suasana tertentu yang tidak cocok dengan ini.

Pencegahan timbulnya penyakit

Ada kemungkinan penyakit asma disebabkan oleh alergi. Ada jenis makanan tertentu, atau keadaan/suasana tertentu yang tidak cocok dengan penderita. Misalnya, penyakit asma akan timbul bila makan telur, susu, daging dan sebagainya. Penyakit asma dapat kambuh (kumat) biia penderita menghirup debu halus saat membersihkan rumah atau tidur di kasur kapuk. Karena itu penderita asma harus memperhatikan benar makanan apa atau keadaan bagaimana yang dapat menyebabkan dirinya sesak napas saat penyakitnya kambuh. Hindarilah hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit asma tersebut atau jangan makan makanan. Atau hindari keadaan yang tidak cocok dengan tubuh penderita.

Makanan yang tidak cocok harus diganti dengan makanan lain yang mempunyai nilai gizi yang sama, agar penderita tidak mengalami kurang gizi. Berolah raga yang sesuai secara teratur dan istirahat yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara menanam
Tanaman kaki kuda ini dapat ditanam dengan cara setek batang. Tumbuhan ini memerlukan banyak air dan sedikit sinar matahari. Dapat tumbuh dengan baik di daerah-daerah yang lembab dan tanahnya Cukup Subur.

Nama-nama daerah
Jawa : kaki kuda, pegagan, antanan gede, gagan-gagan, kerok batok, penegowang, rendeng, calingan rambat
Madura : kos-tekosan
Bali : papaiduh, pepiduh, piduh
Sumatera : kaki kuda
Sulawesi : pagaga, tungke-tungke

Sumber:
1. Hasanah, Lulu, 1997. Tanaman Obat Keluarga. Surabaya: PT Widyantara. Hal. 28-37
2. Berbagai sumber lain.

Keyword terkait:
daun kaki kuda dapat, dimanfaatkan untuk mengobati, nama tanaman asal daun kaki kuda, ciri2 daun kaki kuda, nama lain dari daun kaki kuda, efek samping daun kaki kuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *