Contoh Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme pada Matematika

By | 18/06/2020

AsikBelajar.Com | Berikut ini adalah contoh pembelajaran pengurangan bilangan dasar, seperti (13 – 7) . Langkah-Iangkah proses pembelajarannya adalah sebagai berikut:

Teori konstruktivisme

a. Pada tahap awal, guru memberikan soal di papan tulis, di transparansi, ataupun di kertas peraga.
b. Guru bertanya kepada para siswa, berapa kelereng yang dimiliki Budi pada awalnya? Jawaban yang diinginkan adalah 12. Guru Ialu menggambar di papan tulis 12 buah kelereng dengan menekankan bahwa 12 bernilai 1 puluhan dan 2 satuan atau 12 = 10 + 2.
c. Guru meminta siswanya bekerja dalam kelompok dengan menggunakan benda-benda konkret yang dimilikinya untuk menggambarkan 12 kelereng yang dimiliki Budi.
d. Guru bertanya kepada siswa, berapa butir kelereng yang diberikan kepada adiknya dan berapa sisa kelereng yang dimiliki Budi sekarang? Biarkan siswa bekerja sendiri-sendiri atau bekerja di kelompoknya untuk menjawab soal tersebut.
e. Ada dua kemungkinan jawaban siswa atau kelompok siswa. Ada waktu diskusi kelompok, guru seuaiknya menawarkau alternatif kedua ini kepada beberapa kelompok. …242
12 = 10+ 2
12 – 9 = 3
12 – 9 = 2 + 1 = 3
f. Budi memiliki 12 kelereng. 9 kelereng diberikan kepada adiknya. Berapa kelereng yang dimiliki budi sekarang?
g. Guru memberi kesempatan kepada siswa atau kelompok untuk melaporkan cara mereka méndapatkan hasilnya.
h. Guru memberi soal tambahan seperti 13 – 9 dan 12 – 8. Para siswa masih boleh menggunakan benda-benda konkret. Bagi siswa yang masih menggunakan alternatif pertama, sarankan untuk mencoba alternatif barang kedua dalam proses menjawab dua soal di atas.
i. Guru memberi soal tambahan seperti 14 – 9 dan 13 – 8. Bagi siswa atau kelompok siswa yang sudah dapat menyelesaikan soal ini tanpa menggunakan benda konkret dapat mengerjakan soal-soal yang ada di buku. …243

Sumber:

Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press: Yogyakarta. Hal. 242-243

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *