Ciri Khusus Model Pembelajaran #1 - AsikBelajar.Com

Ciri Khusus Model Pembelajaran #1

[Artikel ini penjelasan no.1 dari artikel berjudul : 4 Ciri Khusus Model Pembelajaran dan Penjelasannya].

Penjelasan Ciri 2 tentang rasional teoritik logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya, yaitu:

Istilah model pembelajaran meliputi pendekatan suatu model pembelajaran yang luas dan menyeluruh.  Contohnya pada model pembelajaran berdasarkan masalah, kelompok-kelompok kecil siswa bekerja sama memecahkan suatu masalah yang telah disepakati oleh siswa dan guru.  Ketika guru sedang menerapkan model pembelajaran tersebut, seringkali siswa menggunakan bermacam-macam keterampilan, prosedur pemecahan masalah dan berpikir kritis.  Model pembelajaran berdasarkan masalah dilandasi oleh teori belajar konstruktivis.  Pada model ini pembelajaran dimulai dengan menyajikan permasalahan nyata yang penyelesaiannya membutuhkan kerjasama diantara siswa-siswa.  Dalam model pembelajaran ini guru memandu siswa menguraikan rencana pemecahan masalah menjadi tahap-tahap kegiatan; guru memberi contoh mengenai penggunaan keterampilan dan strategi yang dibutuhkan supaya tugas-tugas tersebut dapat diselesaikan.  Guru menciptakan suasana kelas yang fleksibel dan berorientasi pada upaya penyelidikan oleh siswa.

Pustaka :
Trianto, M.Pd (2010).  Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya – Jakarta. Hal.75.

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress