Cara Pendekatan Menemukan Peluang Usaha Baru

AsikBelajar.Com | Peluang usaha dapat juga ditemukan melalui dua sisi pendekatan. Pertama dengan pendekatan permintaan, dan kedua dengan pendekatan penawaran. Peluang usaha ditemukan melalui pendekatan permintaan artinya banyak peluang yang bersumber dari adanya kebutuhan dan keinginan konsumen. Sedangkan peluang usaha dengan pendekatan penawaran artinya peluang usaha yang muncul dari kemampuan atau potensi yang dimiliki oleh pengusaha

sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.

Peluang usaha dari sisi permintaan dapat ditemukan dengan beberapa cara, antara lain: …94.

@Menciptakan alat pemuas kebutuhan yang belum tersedia
Dalam hal ini masyarakat memerlukan alat pemuas kebutuhan tertentu yang memang belum pernah ada di pasar. Sebagai contoh ada jenis alat transportasi yang dapat digunakan di darat dan di laut atau yang sering disebut kapal ampibi. Tetapi selama ini belum ada alat transportasi darat yang juga dapat digunakan sebagai alat transportasi udara. Baru-baru ini kita menyaksikan berita melalui salah satu stasiun televisi swasta yang menyiarkan telah diciptakannya sebuah prototipe mobil yang dapat digunakan juga sebagai pesawat, dan sudah mulai ditawarkan kepada masyarakat.

@Adanya kebutuhan yang terpenuhi sebagian
Banyak produk komplementer yaitu produk yang merupakan satu kesatuan dengan produk lainnya. Maka peluang usaha dapat dimunculkan dengan memenuhi salah satu bagian dari produk tersebut atau tidak menutup kemungkinan keseluruhan produk tersebut menjadi peluang usaha yang dapat dibidik. Sebagai contoh pemakai hand phone sangat banyak jumlahnya, maka ada peluang usaha untuk menyediakan kebutuhan yang berhubungan dengan produk tersebut misalnya penjualan pulsa dan asesoris hand phone.

@Kebutuhan inti sudah terpenuhi, tetapi belum memuaskan
Adanya alat pemuas kebutuhan yang belum memuaskan kebutuhan konsumen secara sempurna dapat menjadi peluang usaha dengan menciptakan produk yang lebih memuaskan dari produk sebelumnya atau dari produk pesaing. Misalnya produk air conditioner didesain ulang, sehingga berhasil menemukan air conditioner dengan pemakaian arus listrik yang rendah. …95.

Sementara itu peluang usaha melalui pendekatan penawaran lebih memperhatikan bakat, minat, kemampuan yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan kelebihan yang dimilikinya tersebut dia dapat menciptakan peluang usaha tertentu. Sebagai contoh orang yang mempunyai kelebihan berupa skill dalam menulis buku yang dibuktikan dengan banyaknya buku karyanya yang best seller saat dipublikasikan dan dijual di toko buku, memiliki peluang untuk mendidik para penulis muda atau orang yang tertarik menjadi penulis.

Jika jumlah permintaan terhadap produk melebihi jumlah penawaran yang dapat dipenuhi, maka akan muncul peluang pasar. Peluang pasar ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha oleh orang yang jeli melihat situasi tersebut. Secara lebih jelas bagaimana peluang pasar terwujud dapat dilihat pada contoh kasus di bawah ini:

Contoh kasus menentukan peluang pasar produk shampo kemasan sachets:
. Permintaan
Jumlah penduduk di daerah pasar sasaran terdiri dari wanita 50 juta orang, dan pria 50 juta orang. Pemakai shampo sachets adalah wanita 70% dari jumlah penduduk wanita dan pria 30% dari jumlah penduduk pria. Jadi pemakai shampo sachets adalah:

Wanita =70% X 50 juta orang = 35 juta orang
Pria       =30% X 50 juta orang = 15 juta orang +
Jumlah= 50 juta orang

Asumsi:
Kebutuhan shampo sachets per orang per bulan:
Wanita = 16 sachets
Pria       = 8 sachets …96.

Permintaan per tahun:
Wanita = 35 juta X 16 sachets X 12 bulan= 6 720 juta sachets
Pria       = 15 juta X 8 sachets X 12 bulan = 1.440 juta sachets +
Jumlah =8.160 juta sachets
. Penawaran
A. jumlah produksi dalam negeri terdiri dari:
+Produksi daerah pasar sasaran sendiri = 1.500 juta sachets
+Produksi dari luar daerah                        = 1.500 juta sachets
B. Impor                                                      = 1.000 juta sachets +
Jumlah =4.000 juta sachets

. Peluang pasar
8.160 juta sachets – 4.000 juta sachets = 4.160 juta sachets

Jadi peluang pasar produk shampo kemasan sachets adalah 4.160 juta sachets per tahun. Peluang tersebut akan diperebutkan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah bergerak dalam bidang shampo juga para pendatang baru yang melihat adanya peluang itu.

Sehubungan dengan banyaknya perusahaan yang tertarik untuk memperebutkan peluang pasar yang belum terpenuhi, maka akan terjadi persaingan yang ketat. Dengan demikian hanya sebagian saja dari peluang pasar tersebut yang akan menjadi pangsa pasar, artinya jumlah atau bagian pasar yang benar-benar menjadi konsumen perusahaan. Misal 5% dari peluang pasar yang ada atau 5% X 4.160 juta sachets = 208 juta sachets.

Jika peluang usaha yang dimiliki lebih dari satu jenis dan akan dipilih peluang yang paling menguntungkan maka pengusaha dapat mengidentifikasi secara rinci setiap peluang yang ada. Langkah selanjutnya menyeleksi setiap peluang tersebut. Hasil penyeleksian setiap peluang ini akan menggolongkan peluang menjadi peluang yang kurang menguntungkan sehingga tidak dapat ditindaklanjuti dan peluang yang menguntungkan. Dari peluang yang …97.

menguntungkan tersebut perlu kaji ulang lagi dan pilih satu atau dua peluang usaha yang paling menguntungkan. Langkah terakhir adalah menyusun rencana usaha secara detail dari peluang “Saha yang paling menguntungkan kemudian realisasikan peluang usaha tersebut secara konkrit.

Bagaimana melakukan seleksi dan pemanfaatan peluang usaha dapat diilustrasikan pada gambar 4.2 di bawah ini:
Menemukan Peluang Usaha Baru

…98.

Sumber:
Suparyanto, R.W. 2012. Kewirausahaan: Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta. Hal. 94-98.

Keyword terkait:
menemukan peluang usaha yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreativitas, menemukan peluang usaha yang tepat, cara menemukan peluang usaha, strategi menemukan peluang usaha, cara menemukan peluang usaha di lingkungan sekitar, mencari peluang usaha baru modal kecil, mencari peluang usaha bagi pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *