Cara Pembuatan Instrumen Angket & Data Penelitian - AsikBelajar.Com

Cara Pembuatan Instrumen Angket & Data Penelitian

AsikBelajar.Com | Kendala yang banyak dihadapi oleh mahasiswa dalam proses pembuatan skripsi adalah terjadi mulai BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN khususnya pada bagaimana proses mulai pembuatan instrumen, pengambilan data dan proses penyusunan data laporan tersebut.

Pada artikel ini akan dibahas cara pembuatan instrumen dan data pada penelitian sosial, khususnya penelitian kuantitatif pada bidang pendidikan. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis dan didedikasikan buat adik-adik mahasiswa yang lagi dalam proses menyusun skripsi.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam pembuatan instrumen dan data penelitian adalah sbb:
1. Gunakan Teori yang Sesuai
Teori yang digunakan harus disesuaikan dengan variabel yang menjadi bahasan. penelitian.

2. Pembuatan Kisi-kisi Instrumen
Kisi-kisi dibuat berdasarkan terori yang digunakan pada variabel penelitian kemudian diuraikan atau di break down menjadi indikator yang diambil dari point-point teori tersebut.  Untuk melihat contoh silakan Googling / Browsing di internet contoh kisi-kisi instrumen.

3. Pembuatan Item Pertanyaan
Buatlah minimal 2 buah item pertanyaan dari masing-masing indikator agar jika tidak valid saat uji validitas instrumen masih memiliki 1 item yang dapat mewakili nya

4. Proses Pengetikan Instrumen
Bila draft item pertanyaan sudah selesai, maka lakukan pengetikan agar mudah dibaca dan dikoreksi kembali. Jika sudah sesuai dengan keinginan peneliti segera dicetak atau si print untuk menjadi sebuah angket penelitian.

5. Uji Validitas & reliabilitas*
Angket yang ada memerlukan proses uji validitas dan reliabilitas pada populasi yang ada namun dicobakan membagikan kepada di luar sampel. Jika jumlah populasi sama besarnya dengan sampel yang ada, maka uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada sampel. Hapus item pertanyaan yang tidak valid sehingga instrumen angket yang menjadi alat perekam data adalah item pertanyaan yang valid saja.

*catatan:
Pada saat sebelum melakukan uji validitas reliabilitas, perlu dilakukan rekapitulasi data dengan cara input data hasil jawaban responden.

6. Pengambilan Data Pada Responden
Pengambilan data pada jumlah populasi yang sama besarnya dengan jumlah sampel yang ada, maka proses antara pengambilan data dengan uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada sampel seperti pada uji validitas namun diberi selang waktu ± 1 bulan.

7. Proses Input Data
Data yang sudah terkumpul kemudian dilakukan penginputan pada tabel sesuai jawaban responden pada masing-masing item pertanyaan.

8. Proses Analisis Data
Gunakan analisis data yang sesuai dengan jenis data yang digunakan. Sebagai acuan apakah akan dilakukan secara analisis parametrik atau menggunakan analisis non parametrik.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang perlu didiskusikan, silakan berikan komentar di bawah ini.

Silakan lihat Videonya klik disini….

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress