Cara Menyeleksi Gagasan Usaha

AsikBelajar.Com | Pada saat kita memiliki banyak gagasan usaha akan sulit untuk fokus jika merealisasikan semua gagasan usaha tersebut. Sehubungan dengan itu alangkah baiknya jika dilakukan pemilihan satu atau beberapa gagasan usaha. Gagasan usaha yang dipilih tentu harus merupakan gagasan usaha unggulan. Pada saat memilih gagasan usaha kadang terjadi dua kesalahan utama, yaitu go error dan drop error. Go error adalah kesalahan yang terjadi di mana pengusaha merealisasikan suatu gagasan usaha, padahal gagasan usaha tersebut sebenarnya tidak layak. Kesalahan memilih gagasan usaha ini mengakibatkan kerugian, sehingga usaha tidak dapat bertahan dan hancur. Sebaliknya drop error adalah kesalahan di mana pengusaha meninggalkan gagasan usaha yang sebenarnya sangat layak.

Sebaik apapun gagasan usaha jika tidak direalisasikan maka tidak akan mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Cara yang paling tepat sebelum sebuah gagasan usaha direalisasikan adalah menyusun studi kelayakan usaha terlebih dahulu (kajian ini akan dibahas lebih lanjut). Salah satu cara sederhana untuk memilih satu dari beberapa gagasan usaha dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

Petunjuk:
Langkah 1: Tetapkan beberapa gagasan usaha yang akan diukur atau dianalisa misalnya gagasan usaha A, B, C, dan D.

Langkah 2: Tetapkan indikator untuk menilai gagasan usaha.

Langkah 3: Tetapkan skala atau skor untuk tiap gagasan usaha. Misal skor 3, 5, 7, di mana skore 3 untuk menunjukkan keadaan yang paling lemah dan skor 7 yang paling kuat #.

Langkah 4 : Jumlahkan skor tersebut dan pilih gagasan usaha yang skornya paling tinggi.
Tabel panduan menyeleksi gagasan usaha baru

Sumber:
Suparyanto, R.W. 2012. Kewirausahaan: Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta. Hal.91-92.

Keyword terkait:
ide usaha rumahan, ide usaha makanan, ide usaha kreatif, ide usaha online, ide usaha yang menjanjikan, ide usaha baru, ide usaha budidaya unggas petelur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *