Cara Mengadakan Studi Pendahuluan dalam Penelitian

AsikBelajar.Com | Seperti teori pengumpulan data pada umumnya, maka sumber pengumpulan informasi untuk mengadakan studi pendahuluan ini dapat dilakukan pada 3 objek. Yang dimaksud dengan objek di sini adalah apa yang harus dihubungi, dilihat, diteliti atau dikunjungi yang kira-kira akan memberikan informasi tentang data yang akan dikumpulkan. Ketiga objek tersebut ada yang berupa tulisan-tulisan dalam kertas (paper), manusia (person) atau tempat (place). Oleh karena dinyatakan dalam kata bahasa Inggris, untuk lebih mudahnya mengingat, disingkat dengan tiga (3) p.

  1. Paper; dokumen, buku-buku, majalah atau bahan tertulis lainnya, baik berupa teori, laporan penelitian amu penemuan sebelumnya (findings). Studi ini juga disebut kepustakaan atau literatur studi.
  2. Person; bertemu, bertanya, dan berkonsultasi dengan para ahl’i atau manusia sumber.
  3. Place; tempat, lokasi atau benda-benda yang terdapat di tempat penelitian. Seseorang yang berhasrat besar untuk mengadakan penelitian ke daerah pedalaman, mungkin mengurungkan niatnya setelah mengadakan penelitian pendahuluan, karena ternyata daerah yang akan dikunjungi terlalu sulit untuk dicapai sehingga tidak akan seimbang antara biaya yang dikeluarkan dengan hasil yang akan dicapai. Studi pendahuluan juga disebut pilot studi atau preliminary studi.

Salah satu sumber tunggal yang penting yang merupakan sumber yang bersifat komprehensif adalah Encyclopedia of Educational Research (Ebel, 1969), yang memuat berbagai judul penelitian pendidikan, serta beberapa buku tahunan (yearbooks) yang diterbitkan oleh The National Society for the Study of Education.

Ringkasan:

Setelah memilih masalah, maka Iangkah selanjutnya adalah mengadakan studi pendahuluan. Faedah mengadakan studi pendahuluan:

  1. Memperjelas masalah.
  2. Menjajagi kemungkinan dilanjutkannya penelitian.
  3. Mengetahui apa yang sudah dihasilkan orang lain bagi penel itian yang serupa dan bagian mana dari permasalahan yang belum terpecahkan.

Cara Mengadakan Studi Pendahuluan:

  1. Dengan membaca literatur, baik teori maupun penemuan (hasil penelitian terdahulu).
  2. Mendatangi ahli-ahli atau manusia sumber untuk berkonsultasi dan memperoleh infomasi.
  3. Mengadakan peninjauan ke tempat atau lokasi penelitian untuk melihat benda atau peristiwa.

Sumber:
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.85-86.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...