Cara Menanamkan Sikap/Perilaku Moral kepada Anak Usia Dini - AsikBelajar.Com

Cara Menanamkan Sikap/Perilaku Moral kepada Anak Usia Dini

AsikBelajar.Com | Bagaimana cara menanamkan sikaplperilaku moral kepada anak di PAUD? pada bagian uraian materi ini anda dapat mempelajari beberapa model penanaman sikap perilaku moral kepada anak usia dini.

Prinsip belajar di PAUD adalah “bermain sambil belajar” atau sebaliknya “belajar sambil bermain”. Semakin rendah usia anak, semakin besar kadar bermainnya. Pada anak usia dini kadar bermainnya masih hams cukup dominan
sedangkan pada jenjang pendidikan sekolah dasar kadar bermainnya sudah cukup berkurang.

Menurut ahli pendidikan anak, cara belajar anak yang paling efektif adalah dengan bermain. Pada prinsipnya bermain mengandung rasa senang dan lebih #32

mementingkan proses dari pada hasil. Bermain sebagai bentuk kegiatan belajar di PAUD yaitu bermain yang kreatif dan rnenvenangkan.

Dari uraian yang baru saja anda pelaiari, apa yang dapat anda simpulkan ?, betapa pentingnya untuk diperhatikan prinsip belajar sambil bermain, oleh karena itu guru harus betul-betul memegang prinsip tersebut dan mempraktekkannya.

Cara menanamkan sikap perilaku moral kepada anak usia dini tentunya tidak dapat dilepaskan dari prinsip belajar sambil bermain tersebut. Artinya dalam hal penanaman sikap perilaku moral, guru harus melakukannya dengan cara yang halus dan terintegrasi ke dalam pola-pola permainan tertentu sehingga terasa menyenangkan bagi anak. Begitu juga ketika menjumpai anak yang berperilaku menyimpang, tentunya harus memberikan teguran bukan ?

Selanjutnya simaklah baik-baik beberapa model penanaman sikap perilaku yang dapat anda terapkan dan kembangkan di PAUD.
a. Penanaman Sikap dan Cara Berhubungan dengan Orang Lain.
Sejak kapan munculnya kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain pada diri anak ? berdasarkan hasil penelitian, kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain mulai muncul seiring dengan berkembangnya fisik-motorik dan bahasa pada anak. Anak usia dua tahun sudah mulai menunjukkan ruang gerak yang lebih luas karena keterampilan berjalannya sudah cukup baik. Dengan kemampuan bahasanya yang mulai berkembang, anak usia dua tahun sudah mulai memahami pembicaraan orang lain. Dalam ha1 ini kemampuan berkomunikasi sudah mulai nampak.

Anak yang semula hanya bergantung kepada orang tuanya, setelah usia dua tahun, mulai membutuhkan untuk berhubungan dengan lingkungan yang lebih luas. Anak mulai membutuhkan hubungan dengan orang-orang di luar rumah yang pernah ditemuinya baik dengan yang sebaya atau yang lebih tua.

Agar anak didik mempunyai kemampuan bermasyarakat yang baik, penanaman sikap dan cara berhubungan dengan orang lain menjadi urgen untuk dilakukan sejak dini, diharapkan setelah anak-anak itu dewasa, akan menjadi #33

anggota masyarakat yang baik, yang menyadari akan fitrahnya sebagai makhluk sosial.

Bentuk-bentuk sikap perilaku moral apa saja yang terkait dengan sikap dari cara berhubungan dengan orang lain ?, bagaimana cara menanamkannya kepada anak ? untuk mendapatkan gambaran mengenai anak ini dapat dikembangkan melalui model-model perilaku seperti di bawah ini :
– Memberi salam dengan tangan kanan
– Mencium tangan orang yang lebih tua kala bersalaman
– Mengucapkan selamat pagi, siang, malam atau assalamu’alaikum bagi yang beragama Islam
– Bersikap sopan kalau bicara, serta memandang lawan bicara dengan cara yang sopan.
Model-model perilaku moral tersebut dapat diperkenalkan dan ditanamkan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan contoh teladan atau kegiatan yang terprogram.
contoh teladan atau kegiatan yang terprogram. #34
Lihat Halaman Selanjutnya [Klik Disini]

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress