Belajar Tanpa Batas adalah Keharusan

By | 01/05/2021

AsikBelajar.Com | Belajar Tanpa Batas adalah tagline dari weblog ini. AsikBelajar sejak dibuat sudah berkeinginan agar proses belajar akan terus dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja saat kita ingin mengetahui hal tertentu. Belajar juga tidak memandang batas waktu usia, belajar dilakukan selama hayat masih dikandung badan. Tanpa terasa, weblog ini sudah berjalan kurang lebih 9 tahun dan tetap memposting hal-hal yang berkaitan dengan artikel belajar dan pendidikan pada umumnya. Sampai saat ini, AsikBelajar tetap concern pada artikel belajar dan membahas yang berhubungan dengan bidang pendidikan.

Hari Pendidikan Nasional

Kita semua sepakat bahwa belajar adalah hal terpenting dalam kehidupan bernegara. Terlepas dari belajar di sekolah dan kampus saja, karena proses belajar dalam arti luas tidak hanya di sekolah formal saja, namun dapat dilakukan dimana dan kapan saja termasuk proses belajar itu tidak harus dengan guru dan dosen saja. Karena pendidikan itu merupakan tanggungjawab kita semua. Jika kita ingin bangsa Indonesia maju dan sejajar dengan bangsa lain di dunia ini, maka jawabannya adalah belajar itu suatu keharusan.

Sayangnya, bicara pendidikan di negara yang kita cintai ini, sampai sekarang belum mendapatkan pola yang dapat menjadi acuan bagi proses pendidikan itu sendiri. Permasalahannya, setiap ganti menteri selalu ganti kurikulum, sedangkan evaluasi dari yang sudah ada tidak pernah dilakukan.

Tanggal 30 April 2021, dalam sebuah acara webinar yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof . Sugiyono mengusulkan 3 (tiga) landasan filosopi pendidikan di era 4.0 pasca Covid-19 ini bahwa 1) Pendidikan itu harus dapat melahirkan manusia yang bertaqwa, 2) Memiliki pengetahuan, dan 3) Memiliki ethos kerja.

Mari kita semua saling berpegangan tangan saling bekerjasama untuk memajukan pendidikan kita yang jauh ketinggalan ini. Kita tidak perlu malu untuk saling memperbaiki kekurangan yang ada demi suatu langkah maju. Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021, semoga Bangsa Indonesia mendapat rahmat dari Allah SWT dalam memajukan pendidikan ini.

Surat Edaran, Logo, Templat Media Luar Ruang dan Pedoman Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021 dapat DOWNLOAD di bawah ini:

Unduh Surat Edaran Mendikbud tentang Hardiknas Tahun 2021 di sini.
https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/1d2dc663eee2c32

Unduh Pedoman Upacara Hardiknas Tahun 2021 di sini.
https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/6df67e83b50ec94

Unduh LOGO Hardiknas 2021 di sini.
https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/303411ae384da23

Unduh Templat Media Luar Ruang Hardiknas 2021 di sini.
https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/14525d56a91ad17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *