Bahaya Perkembangan Fisik Anak Usia Di Bawah 4 Tahun

By | 01/10/2020

AsikBelajar.Com | Studi mengenai perkembangan fisik menyatakan bahwa bahaya yang paling besar adalah terhadap kehidupan psikologis seseorang. Alasannya bahwa pada sebagian besar kasus keadaan gangguan psikologis sama parah bahkan sering lebih lama menetap dibandingkan dengan gangguan fisik.

Beberapa dari bahaya pada masa kanak-kanak mempunyai sebab fisik dan psikologis. Misalnya, dalam hal gangguan keseimbangan, penyebabnya dapat bersifat fisik, seperti adanya perubahan hormon pertumbuhan atau karena menderita penyakit tertentu dan penyebab yang bersifat psikologis, misalnya dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang terlalu banyak menuntut sehingga menimbulkan ketegangan emosional.

Survei mengenai bahaya terbesar yang berasal dari perkembangan fisik anak akan dibahas pada bagian berikut, yang meliputi 1) kematian, 2) sakit, dan 3) cacat jasmani. Dalam setiap kasus akan dibahas pula pengaruh yang bersifat psikologis.

1. Kematian
Kematian merupakan bahaya terbesar dalam tahun pertama kehidupan seseorang dibandingkan dengan usia selanjutnya karena dua minggu pertama setelah dilahirkan merupakan hari-hari yang penuh dengan bahaya. Setelah melewati tahun penuh bahaya ini, biasanya kemungkinan untuk meninggal semakin kecil. Kematian yang terjadi pada tahun pertama ini lebih banyak disebabkan oleh penyakit gawat, sedangkan kematian pada tahun kedua lebih banyak disebabkan oleh kecelakaan. Hal ini terjadi karena pada tahun pertama, bayi lebih mudah diawasi dan pada tahun kedua sudah menjadi sulit diawasi karena anak sudah mulai dapat berjalan dan berlari. Pada usia prasekolah kematian lebih banyak terjadi karena kecelakaan. Pada masa dahulu banyak kematian anak prasekolah yang disebabkan oleh berbagai . penyakit, namun dengan ditemukannya obat-obatan dan vaksinasi untuk memberikan imunisasi terhadap penyakit mematikan maka angka kematian akibat penyakit dapat dikurangi. Penyakit yang dahulu merupakan penyebab kematian besar Misalnya polio, cacar air, dan batuk rejan. #4.26

2. Sakit [Penjelasannya, Klik Disni]
3. Cacat Jasmani [Penjelasannya, Klik Disni]

Sumber:
Aisyah, Siti. 2008. Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Hal.4,26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *