Pengertian Teknik Analisis Komparasional - AsikBelajar.Com

Pengertian Teknik Analisis Komparasional

AsikBelajar.Com | Bertitik-tolak dari pengertian tentang komparasi dan pengertian tentang penelitian komparasi seperti telah dikemukakan, (baca: pengertian tentang penelitian komparasi 👈 klik) maka dapat diberikan pengertian tentang Teknik Analisis Komparasional, yaitu: salah satu teknik analisis kuantitatif atau salah satu teknik analisis statistik yang dapat digunakan untuk memguji hipotesis mengenai ada tidaknya perbedaan antar variabel yang sedang diteliti. Jika perbedaan itu memang ada, apakah perbedaan itu merupakan perbedaan yang berarti atau meyakinkan (signifikan), ataukah bahwa perbedaan itu hanyalah secara kebetulan saja (by chance).

Teknik Analisis Komparasional termasuk dalam kelompok Metode Analisis Statistik Inferensial; dalam hal ini adalah teknik analisis inferensial yang digunakan untuk menguji hipotesis dan selanjutnya menarik kesimpulan mengenai ada tidaknya perbedaan yanh signifikan di antara variabel yang sedang diteliti.

Sumber:
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Hlm.275.

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress