Apa Itu GMAT dan Apa Saja Soal-soal Yang Diujikan?

Apa Itu GMAT – GMAT atau Graduate Management Admission Test merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui potensi akademik calon mahasiswa program MBA (Masters in Business Administration). Skor GMAT menjadi faktor penting diterima tidaknya mahasiswa di sekolah pascasarjana bidang Bisnis.

Gmat test

Tidak hanya menguji kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris, GMAT tes juga akan memberikan penilaian objektif dalam hal berpikir kritis, mengevaluasi argumen, serta memberikan alasan secara kuantitatif.

Oleh karena itu, saat ini GMAT test telah dianggap sebagai metode paling andal untuk membantu sekolah pascasarjana dalam memilih para pemimpin bisnis di masa depan dan Kamu dapat mengikuti preparation GMAT di Westwood Prep.

Soal-Soal Apa saja yang diujikan di GMAT test?

GMAT akan menguji kemampuan kritis kalian. Sehingga cara bernalar dan menganalisa informasi menjadi kunci sukses GMAT test. Tes dilakukan selama 3,5 jam, termasuk dua kali istirahat. Agar lebih jelas, berikut ini pola ujian GMAT yang terbagi dalam empat bagian tes

1.Analytical Writing Assessment, (30 menit)

Bagian pertama dari GMAT test adalah Analytical Writing Assessment (AWA). Pada bagian ini, kalian harus membuat respon atau analisa terhadap esai yang berisi argumen dari suatu kasus. Bagian ini akan menguji kemampuan analisa dan penalaran kritis.

Lebih khusus lagi, kalian harus bisa mengkritik argumen dalam esai tersebut atau menunjukkan bagaimana argumen tersebut bisa lebih dipertajam lagi. Kunci sukses bagian ini adalah, berikan alasan yang kuat dan berdasar, serta jangan hanya berpatokan pada pendapat pribadi.

2.Integrated Reasoning, (30 menit)

Bagian ini akan menguji kemampuan kalian dalam menganalisa, serta mengevaluasi informasi verbal dan kuantitatif yang ditampilkan dalam berbagai bentuk, yaitu grafik, bagan, spreadsheets, email, dll.

Jadi dalam waktu 30 menit, kalian akan dihadapkan dengan 12 soal yang disajikan dalam 4 format : table analysis, multi source reasoning, graphics interpretation, dan two-part analysis

3.Quantitative (75 menit)

Bagian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui kemampuan kalian dalam menggunakan konsep dasar matematika untuk pemecahan masalah. Tes ini akan melibatkan soal-soal yang matematika level SMA seperti statistika, aritmatika, bilangan, persamaan kuadrat, dll.

Tidak perlu khawatir, karena kalian tidak akan ketemu dengan matematika universitas seperti kalkulus, integral, dan matematika lanjutan lainnya. Bagi yang memiliki kemampuan matematika dasar bagus, kalian akan suka dengan bagian ini.

4.Verbal (75 menit)

Bagian verbal akan menguji kemampuan bahasa Inggris kalian. Ada tiga format pertanyaan yang diajukan pada bagian verbal, yaitu mengoreksi kalimat, penalaran kritis, dan pemahaman membaca teks berbahasa Inggris. Diperlukan kemampuan grammar dan vocabulary yang bagus agar sukses di bagian ini.

Berapa skor GMAT yang dibutuhkan?

Skor GMAT diperlukan bagi kalian yang ingin mendaftar di sekolah pascasarjana di luar negeri. Berapa skor yang dibutuhkan, tergantung dari universitas yang kalian tuju. Dari keempat jenis tes tadi, kalian akan mendapat total skor GMAT yang berkisar antara 200 hingga 800. Sedangkan untuk bisa masuk sekolah bisnis papan atas dunia, biasanya memerlukan skor GMAT di atas 700.

Bagaimanakah Cara mendaftar GMAT?

Pendaftaran GMAT test dilakukan secara online melalui website www.mba.com. Sedangkan ujian GMAT test dilakukan sepanjang tahun di test center yang tersebar di seluruh dunia. Untuk menjadwalkan GMAT test, kalian juga harus janjian dulu dengan test center terdekat. Di Indonesia, GMAT center ada di Jakarta dan Surabaya.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai GMAT test. Dan yang tidak kalah penting adalah persiapkan sebaik-baiknya sebelum menjalani GMAT test yang sesungguhnya. Karena kunci sukses GMAT test terletak pada persiapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *