Antara Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

By | 23/03/2020

AsikBelajar.Com | Dalam dunia pendidikan, mau tidak mau kita akan selalu bersinggungan dengan pengajaran dan pembelajaran. Pendidikan dalam arti sempit dapat diartikan sebagai bantuan kepada anak didik terutama pada aspek moral atau budi pekerti. Namun Hamalik (2004) mendefinisikan pendidikan sebagai suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi secara adekuat dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan juga diartikan sebagai upaya manusia secara historis turun-temurun, yang merasa dirinya terpanggil untuk mencari kebenaran atau kesempurnaan hidup (Salim, 2004). …17

Sedangkan menurut Undang-Undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.

Sedangkan pengajaran dan pembelajaran memiliki makna yang hampir sama. Pembelajaran adalah usaha sadar guru untuk membantu siswa atau anak didik, agar mereka dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Sementara pengajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Pengajaran juga diartikan sebagai interaksi belajar dan mengajar. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa.

Bila dilihat dari sejarah perkembangan ilmu pendidikan di Indonesia, kita akan mengenal istilah pedagogik, didaktik, dan metodik. Ketiga istilah tersebut sangat erat saling hubungannya. Bagaimana pendidikan dilakukan di sekolah, orang memerlukan didaktik, baik bersifat umum maupun yang bersifat khusus atau disebut metodik. Dengan demikian, konsep pembelajaran dan pengajaran adalah tergolong dalam ilmu didaktik meskipun mempunyai orientasi yang berbeda. Pedagogik, didaktik, dan metodik …18

memuat prinsip-prinsip, kaidah-kaidah yang mengikat pendidik/guru dalam memberi bantuan secara normatif maupun teknis kepada anak didik.

Dewasa ini, para ahli cenderung tidak membedakan antara arti pendidikan (education) dan pengajaran/pembelajaran (instruction). Bahkan, menurut A. Crow & L. Crow (1989), pendidikan diartikan sebagai proses di mana pengalaman atau informasi diperoleh sebagai hasil dari proses belajar. Di sini, digambarkan bahwa dalam proses pendidikan itu, titik beratnya terletak pada pihak anak didik. Dengan artinya, dalam pendidikan akan terjadi proses belajar yang merupakan interaksi dengan pengalaman-pengalamannya.

Pendidikan, pengajaran, dan pembelajaran mempunyai hubungan konseptual yang tidak berbeda. Kalaupun dicari perbedaannya, pendidikan memiliki cakupan yang lebih luas, yaitu mencakup baik pengajaran maupun pembelajaran. Sementara, pengajaran merupakan bagian dari pembelajaran. Antara pendidikan, pembelajaran, dan pengajaran saling terkait. Pendidikan akan dapat mencapai tujuan jika pembelajaran berjalan dengan pengajaran yang tepat. Sebaliknya, pendidikan tidak akan mencapai tujuan jika pembelajaran tidak berjalan dengan pengajaran yang tidak tepat. …19

Sumber:
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual san Terpopuler. Diva Press: Yogyakarta. Hal.17-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *