Alur dan Ragam Penelitian Menurut Arikunto

By | 17/02/2020

AsikBelajar.Com | Artikel ini diresume dan merupakan kumpulan dari postingan-postingan terdahulu dari literasi Prof. Suharsimi Arikunto.

Alur Penelitian
Alur pemikiran penelitian, apa pun jenis penelitiannya selalu dimulai dari adanya permasalahan atau ganjalan, yang merupakan suatu kesenjangan yang dirasakan oleh peneliti. Kesenjangan tersebut terjadi karena adanya perbedaan kondisi antara kondisi nyata dengan kondisi harapan. Dengan adanya kesenjangan ini peneliti mencari teori yang tepat untuk mengatasi permasalahan melalui penelitian, yaitu mencari tahu tentang kemungkinan penyebab kondisi yang menjadi permasalahan itu. Hasil dari penelitiannya akan digunakan untuk mengatasi permasalahan yang dirasakan. Alur penalaran untuk berbagai jenis penelitian sebetulnya sama, yaitu seperti tergambar dalam bagan berikut. Penting sekali diingat bahwa kesimpulan yang diperoleh dari penelitian selalu harus merupakan jawaban dari rumusan masalah dan memecahkan permasalahan.
Alur dan Ragam Penelitian

Ragam Penelitian
Banyak sekali ragam penelitian yang dapat kita Iakukan. Hal ini tergantung dari tujuan, pendekatan, bidang ilmu, tempat, dan sebagainya.

1. Ragam Penelitian Ditinjau dari Tuiuan [Klik Disini]

2. Ragam Penelitian Ditinjau dari Pendekatan [Klik Disini]

3. Ragam Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu dan Tempatnya [Klik Disini]

4. Ragam Penelitian Ditinjau dari Hadirnya Variabel [Klik Disini]

Sumber:
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *