8 Fakta Unik Kekhasan di Kalimantan Selatan

By | 27/05/2014
asik belajar dot com ~ Kalimantan Selatan merupakan satu dari empat provinsi yang ada di pulau Kalimantan.  Ibu kota Kalimantan Selatan berada di kota Banjarmasin.  Nah, bagi yang belum pernah ke Kalsel (singkatan sebutan Kalimantan Selatan ata South Borneo) ada baiknya mengetahui hal-hal unik dan khas daerah ini:
8 fakta unik yang khas di kalsel
    1. Banjarmasin: Bagi turis manca negara dan lokal, kota Banjarmasin sebagai ibu kota provinsi terkenal dengan “pasar terapungnya“.  Lokasi ini sekarang berkembang menjadi di tiga lokasi. Lokasi pertama di Lokbaintan, kedua di Muara Kuin dan ketiga depan kantor gubernuran lama sampai masjid Sabilal Muhadin Banjarmasin (di tengah kota lho…). Semua barang dagangan ada disebuah perahu dan pengunjungpun naik perahu, kecuali pada lokasi depan kantor gubernuran.
    2. Martapura: sebagai ibu kota kabupaten Banjar, Martapura lebih terkenal sebagai daerah penghasil “intan” yang banyak dijadikan bahan berlian. Intan yang paling terkenal adalah intan trisaksi. Selain itu, kota martapura dikenal sebagai kota santri dan memiliki para ulama terkenal seperti Datuk Kalampaian, Guru Izai dll. 
    3. Rantau: ibu kota kab. Tapin terkenal dengan cemilan pisang “rimpi“.  Pisang berwarna hitam dengan rasa manis. Rantau juga memiliki kekayaan alam tambang batubara.
    4. Kandangan: ibu kota kab.Hulu Sungai Selatan terkenal dengan kota “dodol“dengan rasa enak, gurih dan legit. Di Kandangan zaman dulu, orang dewasa harus bawa pisau untuk jaga-jaga di jalan umum. Justru yang tidak bawa pisau dianggap sudah jagau (jago).  
    5. Barabai: ibu kota kab. Hulu Sungai Tengah terkenal dengan kue “apam“. Kue yang terbuat dari tepung beras khas Barabai, sehingga beras tersebut memberikan rasa yang enak.
    6. Amuntai: ibu kota kab. Hulu Sungai Utara terkenal dengan “itik alabio” dan “telur tambak“.
    7. Kotabaru, kabupaten paling timur kalsel terkenal dengan cemilan “amplang” juga memiliki kekayaan alam tambang batubara dan bidang perikanan.
    8. Batulicin: ibu kota Tanah Bumbu terkenal dengan acara tahunan turisnya merayakan pesta laut atau “mapanretase”. Kekayaan alamnya sama dengan kabupaten Kotabaru.

Nach, bagi yang penasaran, silakan cari informasi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *