7 Hal yang Berkaitan dengan RA Kartini

AsikBelajar.Com | Berdasarkan atikel di Wikipedia bahwa Raden Adjeng Kartini yang lahir di Kota Jepara, Jawa Tengah pada Tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah pada tanggal 17 September 1904 diumur 25 tahun. Tokoh tersebut sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini, adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

7 Hal yang Berkaitan dengan RA Kartini

Bila menyebut nama RA Kartini, maka ada 7 Hal yang identik dengannya yaitu:
1. Kebaya
Dalam memperingati Hari Kartini banyak sekali wanita Indonesia yang memperingatinya dengan menggunakan baju kebaya. Hal ini dikarenakan ciri khas Ibu Kartini yang selalu menggunakan baju kebaya, sanggul serta aksesoris adat Jawa. Apakah wanita bertambah cantik mengenakan kebaya? Peringatan hari Kartini identik dengan parade kebaya di sekolah-sekolah maupun tempat lain

2. Tgl 21 April
Bila bulan memasuki April, maka sekolah-sekolah sudah sibuk mempersiapkan acara peringatan “Kartinian”. Panitiapun dibentuk, dan bentuk acarapun didesain sesuai tema. Tanggal 21 April adalah hari keramat kaum wanita. Peringatan hari lahir RA Kartini menjadi peringatan milik perempuan Indonesia. Kadang peringatannya hampir mirip dengan peringatan hari ibu. Kadang dalam permainannya kaum laki-laki juga dilibatkan, bahkan “dijadikan” seperti kaun perempuan.

3. Emansipasi
Menyebut Kartini selalu identik dengan gerakan kebangkitan kaum wanita. Melalui semangat R.A. Kartini, kaum wanita merasa mempunyai hak yang sama kedudukannya dalam masyarakat dengan kaum laki-laki..

4. Habis Gelap terbitlah Terang
Bila menyebut Kartini, maka kita teringat dengan kumpulan surat-suratnya yang dikumpulkan menjadi judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

5. Lagu Ibu Kartini
Sejak kita mengenal bangku sekolah di TK, lagu ibu kita Kartini sudah sangat pasih diperdengarkan kepada kita. Bahkan kadang menjadi tebakan tentang nama lain Kartini adalah “Harum Namanya”. Hal itu karenaa diambildari bait lagu tersebut.

6. Wanita yang Anggun
Kartini identik dengan seorang wanita yang mempunyai kharisma Anggun. Dia mempunyai pancaran keteladanan dan kecantikan di eranya.

7. Wanita Terpelajar
R.A. Kartini sangat erat hubungannya dengan sosok wanita melopor kaum terpelajar untuk kaumnya. Kartini merasa ada ketidakadilan pada masanya. Dimana kaum lelaki mempunyai kesempatan yang luas untuk sekolah, namun Kartini melihat hal itu tidak untuk kaum perempuan pada masanya.

Demikianlah 7 Hal yang identik atau berhubungan dengan R.A. Kartini. Selamat memperingati Hari Kartini.

2 thoughts on “7 Hal yang Berkaitan dengan RA Kartini

  1. Norhaili

    Semoga semakin banyak kartini2 muda yang dapat membanggakan indonesia

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...