5 Negara Paling Lama Puasa

By | 14/04/2021

AsikBelajar.Com | Sebagai perbandingan, Indonesia memiliki rata-rata lama waktu puasa di kisaran 12-13 jam saja, tetapi tahukah Anda bahwa ada negara-negara dengan lama waktu puasa berkisar antara 17-20 jam? Untuk diketahui, perbedaan lama waktu puasa antara satu kawasan dengan kawasan lainnya disebabkan oleh kedudukan matahari yang berbeda-beda tergantung kedudukan garis lintangnya. Dalam artikel ini, kalian juga dikenalkan dengan peta negara tersebut serta lambang dan bendera negaranya. Inilah 5 Negara Paling Lama puasanya:

1. Finlandia (Berpuasa selama 20 jam)
Finlandia adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa bagian utara. Secara geografis berada di antara 60°-70° LU dan 20°-32° BT ini berbatasan dengan Swedia disebelah baratnya dan berbatasan dengan Rusia disebelah timurnya. Sedangkan disebelah utaranya Finlandia berbatasan Norwegia dan sebelah selatannya adalah laut Baltik. Di sebelah barat daya Finlandia adalah laut Baltik dan sebelah barat adalah Teluk Bothnia.

Negara Finlandia terletak di lintang utara maka waktu puasanya pun menjadi lebih panjang dari kawasan lainnya.

Peta, Bendera dan Lambang Negara Finlandia

Finlandia

2. Jerman (Berpuasa selama 19 jam)
Secara geografis, Jerman yang memiliki luas wilayah 357.022km2 ini terletak diantara 47⁰LU-55⁰ LU dan 6⁰ BT-15⁰BT. Secara geografis, Jerman berbatasan dengan Polandia, Ceko dan Slovakia di sebelah timurnya sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Belanda, Luksemburg, Belgia dan Perancis. Di sebelah selatan, Jerman berbatasan Swiss dan Austria. Di Utaranya Jerman adalah laut Baltik, laut utara dan juga berbatasan dengan Denmark.

Umat Muslim yang berada di Jerman mesti melaksanakan puasa hingga 19 jam. Tidak hanya waktu puasa yang lama, umat Muslim yang berada di Jerman pun mesti bergelut dengan teriknya cuaca di sana yang bisa mencapai sekitar 35 derajat Celcius.

Peta, Bendera dan Lambang Negara Jerman

Jerman

3. Inggeris (Berpuasa selama 18,5 jam)
Di Indonesia, mungkin kita lebih kenal dengan nama Inggris daripada nama Britania Raya.

Secara geografis, Britania Raya terletak diantara 49°LU – 61° LU dan 9° BB – 2° BT. Satu-satunya Negara yang berbatasan darat dengan Britania Raya yang terletak di kepulauan Britania adalah Negara Republik Irlandia dan selebihnya dikelilingi oleh laut yang diantaranya adalah Laut Utara, Selat Inggris, Laut Irlandia dan Samudera Atlantik.

Saat berada di Inggris saat Ramadan, cobalah untuk ngabuburit di tempat-tempat publik yang ada di sana. Inggris terkenal akan hadirnya taman-taman yang bisa dipakai untuk bersantai, misalnya saja Hyde Park di London karena waktu puasa selama di negara ini memerlukan waktu sebesar 18,5 jam.

Peta, Bendera dan Lambang Negara Inggeris

Inggeris

4. Rusia (Berpuasa selama 17 jam)
Rusia adalah negara terbesar di dunia yang membentang luas di dua benua yaitu benua Asia (bagian Utara Asia) dan benua Eropa (bagian Timur Eropa). Negara yang memiliki nama lengkap Federasi Rusia (Russian Federation) ini memiliki luas wilayah sebesar 17.098.242km2 atau sekitar 9 kali lebih besar dari wilayah negara kita, Republik Indonesia.

Secara geografis berada diantara 41°-82°LU dan 19°-169°BB . Rusia yang berada di dua benua ini berbatasan dengan Finlandia, Lithuania, Ukraina dan Belarus di sebelah Barat sedangkan di sebelah Timurnya adalah Laut Pasifik. Di sebelah Selatan, Rusia berbatasan dengan China (Tiongkok), Korea Utara dan Kazakhstan sedangkan di sebelah Utara Rusia adalah Samudera Arktik. Rusia juga berbatasan dengan negara Georgia, Azerbaijan, Laut Kaspia, dan Pegunungan Kaukasus di sebelah Barat Daya dan memiliki penduduk sebanyak 142.122.776 jiwa (2018).

Tidak usah bingung bagaimana cara membuat waktu 17 jam berpuasa jadi terasa lebih cepat di Rusia. Negara satu ini memiliki cukup banyak masjid yang besar dan megah. Karena itulah, tidak ada salahnya bila Anda menyambangi masjid-masjid itu untuk menunggu buka puasa.

Peta, Bendera dan Lambang Negara Rusia

Rusia

5. Kanada (Berpuasa selama 17 jam)
Kanada adalah salah satu negara terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Luas wilayah yang sebesar 9.984.670 km2 ini menjadikannya sebagai negara terluas kedua di dunia ini setelah Rusia.

Meskipun merupakan negara terbesar kedua di dunia, Kanada bukan merupakan negara dengan penduduk yang terpadat. Jumlah penduduk Kanada hanya sekitar 35,88 juta jiwa (2018) dan menduduki peringkat ke-39 di antara negara-negara di dunia. Kanada menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Perancis sebagai bahasa resminya.

Secara geografis, Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat di sebelah Barat dan Selatannya. Selain berbatasan dengan Amerika Serikat (Alaska), di sebelah Barat Kanada juga terdapat Samudera Pasifik. Sedangkan di sebelah Utara Kanada adalah Samudera Arktik dan sebelah Timurnya adalah Samudera Atlantik, Selat Davis dan Teluk Baffin.

Peta, Bendera dan Lambang Negara Kanada

Kanada

 

Kanada

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Pustaka:
Berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *