5 Langkah dan Cara Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula

Cara Belajar Bahasa Jerman – Selain bahasa Inggris, kini juga sudah semakin banyak orang yang ingin belajar bahasa Jerman secara ototdidak. Berikut ini adalah beberapa langkah dan cara belajar bahasa Jerman yang bisa dicoba supaya lebih efektif.

Kursus bahasa jerman

5 Cara Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula yang Wajib Dicoba

1. Belajar Pengucapan atau Aussprache
Langkah belajar bahasa Jerman bisa kita mulai dari satuan bahasa yang terkecil, yaitu bunyi atau mempelajari pengucapan kata-katanya. Tentu saja untuk dapat pelafalan kata secara benar, terlebih dahulu kita harus dapat memahami cara membunyikan setiap huruf yang ada dalam bahasa Jerman.

Penting juga untuk mengetahui bunyi diftong atau klaster (gugus huruf) yang lazimnya memang ada pada banyak kata dalam bahasa Jerman.

Di dalam bahasa Jerman memang ada beberapa bunyi yang asing bagi orang Indonesia, seperti bunyi [ü, ö, ä, z, j, st, w]. Dengan begitu, pelafalan kata dalam bahasa Jerman juga akan berbeda dengan bahasa yang menggunakan abjad biasa.

2. Memahami Aturan Kebahasaan atau Gramatikal
Mempelajari aturan kebahasaan atau gramatikal juga menjadi salah satu langkah yang sangat penting ketika belajar bahasa Jerman. Tanpa kita mengetahui bagaimana kata-kata disusun secara baik dan benar, maka kita tidak akan dapat menyampaikan sebuah maksud dengan tepat.

Kita bisa memulai belajar grmatikal dari kebiasaan untuk membaca wacana utuh, seperti berita di internet yang menggunakan bahasa Jerman atau pun cerita fiksi. Dengan cara tersebut, secara tidak langsung kita akan mengenal bagaimana sebuah kata ditempatkan pada kalimat tertentu.

3. Menggunakan Bahasa Jerman Sejak Konsep Berpikir
Sebaiknya kita membiasakan untuk menggunakan bahasa Jerman sejak dalam pikiran atau ketika mengonsep sesuatu di dalam otak sebelum akhirnya diucapkan.

Ketika melakukan proses berbahasa, lazimnya manusia terlebih dahulu melihat atau tergambar sebuah petanda yang nantinya akan dipikirkan konsepnya di dalam otak. Setelah itu, petanda yang telah dikonsepkan di dalam otak tersebut akan diucapkan menjadi penanda, yaitu sebuah kata atau rangkaian kata.

Jika kita terbiasa berpikir atau mengonsep menggunakan bahasa Indonesia, maka pasti akan mememerlukan waktu beberapa detik untuk menerjemahkan konsep kita ke dalam bahasa Jerman, sebelum akhirnya diucapkan. Hal tersebut akan membuat kita terlihat tidak fasih dan juga membuat kebiasaan buruk dalam belajar.

4. Segera Mempraktikkan Kemampuan
Langkah belajar bahasa Jerman yang lebih efektif justru dengan mempraktikannya secara langsung tanpa menunggu jika sudah “pantas”. Tidak peduli benar atau pun salah, kita tetap lebih baik untuk sering mempraktikannya.

Mempraktikkan kemampuan bahasa tidak harus berkomunikasi dengan publik. Kita dapat menonton televisi, kemudian menanggapi isu yang ada menggunakan bahasa Jerman secara lengkap.

Yang paling penting adalah membiasakan lidah dan pikiran untuk berbahasa Jerman. Jangan muluk-muluk karena sebagai orang asing masih akan tetap cukup ganjil apabila nantinya berkomunikasi dengan penutur bahasa Jerman asli.

5. Banyak Mendengarkan Bahasa Jerman
Ketika belajar bahasa, selain membaca kita perlu memperbanyak mendengar pengucapan bahasa yang tersebut. Perlu diketahui bahwa hampir semua bahasa di dunia akan memiliki perbedaan antara bahasa tulis dan bahasa lisan.

Dengan mendengarkan bahasa Jerman secara lisan, kita dapat memperhitungkan variasi-variasinya. Meskipun begitu, kita tidak dapat serta merta menulis bahasa lisan atau sebaliknya.

Kita juga akan menemukan nada dan irama dalam pengucapan sebuah kata, yang diketahui bahwa hal tersebut juga akan membantu dalam menghapal sebuah kata atau bahkan kalimat utuh.

Ketika baru belajar, tidak masalah apabila kita menirukan logat, pemilihan diksi, atau pun gaya bicara seseorang atau tokoh yang berbahasa Jerman yang menarik. Seperti bagaiamana banyak orang belajar bahasa Inggris menirukan gaya bicara Harry Poter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *