4 Prinsip Utama yang Harus Diperhatikan Dalam Penyelenggaraan PAUD

AsikBelajar.Com | Pada penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, terdapat 4 prinsip utama yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut (Abdulhak, 2003).

paud

1. Holistik dan Terpadu
Pendidikan anak usia dini perlu dilakukan dengan terarah ke pengembangan segenap aspek pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak serta dilaksanakan secara terintegrasi dalam suatu kesatuan program yang utuh dan proporsional. Secara makro, prinsip ini juga memiliki makna bahwa penyelenggaraan PAUD dilakukan secara terintegrasi dengan …1.23.

sistem sosial yang ada di masyarakat dan menyertakan segenap komponen masyarakat sesuai dengan tanggung jawab dan kewenangannya. Hal ini memerlukan keselarasan antara pendidikan yang dilakukan dalam berbagai lembaga; keluarga, sekolah. dan masyarakat.

2. Berbasis Keilmuan
Praktik PAUD yang tepat perlu dikembangkan berdasarkan temuantemuan terkini dalam bidang ilmu yang relevan. Para ahli PAUD perlu selalu menyebarluaskan temuan ilmiahnya sehingga dapat segera diaplikasikan oleh para pendidik PAUD. Di samping itu, para pendidik PAUD juga diharapkan untuk senantiasa mengikuti perkembangan ilmu tentang PAUD melalui berbagai sumber, seperti buku, jurnal, seminar atau jelajah internet.

3. Berorientasi pada Perkembangan Anak
PAUD perlu dilaksanakan sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan anak sehingga proses pendidikan yang dilakukan bersifat tidak terstruktur, informal, responsif terhadap perbedaan individual anak, dan melalui aktivitas langsung dalam suasana bermain.

4. Berorientasi pada Masyarakat
PAUD perlu berorientasi pada masyarakat karena anak adalah bagian dari masyarakat dan sekaligus sebagai generasi penems masyarakat. Diharapkan penyelenggaraan PAUD berlandaskan dan turut mengembangkan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang pada masyarakat tersebut. Prinsip ini juga mensyaratkan perlunya PAUD memanfaatkan potensi lokal di masyarakat, baik keragaman sosial budaya maupun sumber daya. …1.24.

Sumber:
Aisyah, Siti. 2008. Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangun Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Hal.1.23-1.24.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...