4 Fungsi Bahasa Indonesia

By | 15/12/2020

AsikBelajar.Com | Bahasa Indonesia sebagai bahasa bangsa Indonesia mempunyai 4 fungsi antara lain:

1, Lambang kebanggaan kebangsaan, sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan kita. Atas dasar kebangsaan ini, bahasa indonesia kita pelihara dan kita kembangkan serta rasa kebanggaan pemakainya senantiasa kita bina.

2. Lambang identitas nasional, Sebagai lambang identitas nasional, bahasa Indonesia kita junjung disamping bendera #6

dan lambang bendera kita. Di dalam melaksanakan fungsi ini bahasa Indonesia tentulah harus memiliki identitasnya sendiri pula sehingga ia serasi dengan lambang kebangsaan kita yang lain. Bahasa Indonesia dapat memiliki identitasnya hanya apabila masyarakat pemakainya membina dan mengembangkannya sedemikian rupa sehingga bersih dari unsur-unsur bahasa lain.

3. Alat perhubungan antarwarga, antardaerah dan antarbudaya, Fungsi bahasa Indonesia sebagai alat perhubungan antarwarga, antardaerah, antarsuku bangsa ini adalah sebagai bahasa nasional. Berkat adanya bahasa nasional kita dapat berhubungan satu dengan yang lain sedemikian rupa sehingga kesalahpahaman sebagai akibat perbedaan latar belakang sosial budaya dan bahasa tidak perlu dikhawatirkan. Kita dapat bepergian dari pelosok yang satu ke pelosok yang lain di Tanah Air kita dengan hanya memanfaatkan bahasa Indonesia sebagai satu-satunya alat komunikasi.

4. Alat yang memungkinkan penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasanya masing masing ke dalam kesatuan kebangsaan Indonesia. #7

Sumber:
Ngalimun. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: K-Media. Hal. 6-7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *