3 Tingkatan Perkembangan Alasan Moral Menurut Kohlberg

By | August 11, 2020
3 Tingkatan Perkembangan Alasan Moral Menurut Kohlberg – AsikBelajar.Com. Penelitian Kohlberg menyimpulka bahwa ada korelasi antara tingkat alasan moral dengan tingkat kognitif.  Menurut Kohlberg ada tiga tingkatan alasan moral sebagai berikut:
  1. Tingkat 1.  Pra-conventional morality (anak usia 4-10 tahun). Anak masih di bawah pengawasan orang tua dan lain-lain, tunduk pada peraturan untuk mendapatkan hadiah atau menghindari hukuman.
  2. Tingkat 2.  Conventional morality (anak usia 10-13 tahun). Anak-anak telah menginternalisasi figur kekuasaan standar.  Mereka patuh terhadap peraturan untuk menyenangkan orang lain atau mempertahankan perintah.
  3. Tingkat 3.  Post-conventional morality (anak usia 13 tahun atau lebih).  Moralitas  sepenuhnya internal.  Dewasa ini orang-orang telah mengenal beberapa konflik standar moral dan memilih diantara standar tersebut.

Sumber:
Sumantri, Mulyani dan Nana Syaodih. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka. Hal. 3.9.

Category: Belajar Tags:

About AsikBelajar.Com

AsikBelajar.Com adalah sebuah catatan online dari berbagai sumber buku & Opini Penulis yang sewaktu-waktu dapat dibuka kembali untuk mempelajarinya disaat santai sehingga proses belajar (membaca) akan terus dapat terlaksana dalam keadaan dan kondisi tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *