3 Point Penting Untuk Memahami Prinsip & Tahap Perkembangan Anak Usia Dini

By | 19/09/2020

AsikBelajar.Com | Resume ini tentang tiga hal penting mengenai Prinsip & Tahap Perkembangan Anak Usia Dini yang harus diketahui dan ini bersumber dari buku Siti Aisyah tahun 2008 berjudul Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangan Anak Usia Dini dari Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional Jakarta tentang Prinsip & Tahap Perkembangan Anak Usia Dini . Inilah resume tersebut:
1. Menurut Bredekamp dan Coople, ada beberapa prinsip perkembangan anak usia dini yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut.
a. Perkembangan anak saling berkaitan dan saling mempengaruhi antara aspek/ranah fisik, sosial, emosional, dan kognitif.
b. Perkembangan fisik, emosi, sosial, bahasa dan kognitif anak terjadi dalam suatu urutan tertentu yang relatif dapat diramalkan.
c. Perkembangan berlangsung dalam rentang yang bervariasi antaranak dan antarbidang pengembangan dari masing-masing fungsi.
d. Pengalaman awal anak memiliki pengaruh kumulatif dan tertunda terhadap perkembangan anak.
e. Perkembangan anak berlangsung ke arah yang makin kompleks, khusus, terorganisasi dan terintenalisasi.
f. Perkembangan dan belajar terjadi dalam dan dipengaruhi oleh konteks sosial budaya yang majemuk.
g. Bermain merupakan sarana penting bagi perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak, dan menggambarkan perkembangan anak.
h. Perkembangan akan mengalami percepatan bila anak berkesempatan untuk mempraktikkan berbagai keterampilan yang diperoleh dan mengalami tantangan setingkat lebih tinggi dari hal-hal yang telah dikuasainya.
i. Anak memiliki modalitas beragam untuk mengetahui sesuatu sehingga dapat belajar hal yang berbeda dengan cara berbeda pula dalam memperlihatkan hal-hal yang diketahuinya.
j. Kondisi terbaik anak untuk berkembang dan belajar adalah dalam komunitas yang menghargainya, memenuhi kebutuhan flsiknya, dan aman secara fisik maupun psikologis.

2. Pada penyelenggaraan pendidikan untuk anak usia dini ada 4 prinsip utama yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.
a. Holistik dan terpadu.
b. Berbasis keilmuan.
c. Berorientasi pada perkembangan anak.
d. Berorientasi pada masyarakat.

3. Perkembangan anak usia dini dapat dibagi dalam beberapa tahap. Setiap tahap tersebut memiliki tugas perkembangan tertentu yang mencakup berbagai dimensi perkembangan, seperti: motorik, sosial emosi, disiplin, intelektual dan bahasa. Carol & Allen membagi aspek perkembangan untuk tiap tahap usia dalam dimensi kesadaran diri, kestabilan emosi, sosialisasi, komunikasi, kognisi, dan persepsi motorik.

Sumber:
Aisyah, Siti. 2008. Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *