Ukuran Rata-Rata dan Macamnya

AsikBelajar.Com | Dalam statistik, Rata-rata itu mempunyai beberapa bentuk atau macam; masing-masing dengan arti yang berbeda. Berhubung dengan itu, apabila dalam menganalisis data statistik kita gunakan istilah “Rata-rata”, kita harus dapat menyatakan dengan tegas dan jelas_“Rata-rata” macam atau jenis manakah yang kita maksudkan itu.

Adapun macam-macam “Rata-rata” atau “Ukuran Rata-rata” yang dimiliki oleh statistik sebagai ilmu pengetahuan ialah:

1. Rata-rata Hitung atau: Nilai Rata-rata Hitung (Arithmetic Mean, yang seringkali disingkat dengan: Mean saja), yang umumnya dilambangkan dengan huruf M atau X;

2. Rata-rata Pertengahan atau Nilai Rata-rata Pertengahan atau Nilai Rata-rata Letak (Median atau Medium), yang umumnya dilambangkan dengan: Mdn atau Me atau Mn;

3. Modus atau Mode, yang biasa dilambangkan dengan: Mo;

4. Rata-rata Ukur atau Nilai Rata-rata Ukur (Geometric Mean), yang biasa dilambangkan dengan GM;

5. Rata-rata Harmonik atau Nilai Rata-rata Harmonik (Harmonic Mean), yang biasa dilambangkan dengan HM.

Dari kelima Ukuran Rata-rata seperti yang telah disebutkan di atas, yang mempunyai relevansi dan karena itu sering dipergunakan sebagai ukuran dalam dunia Statistik Pendidikan adalah: Mean, Median dan Modus. Adapun Geometric Mean dan Harmonie Mean, dalam dunia Statistik Pendidikan dipandang kurang memiliki relevansi dan karenanya hampir tidak pernah digunakan. Berhubung dengan itu, pembicaraan lebih lanjut dalam buku ini akan lebih menitik beratkan kepada tiga macam ukuran rata-rata tersebut.

Mengingat bahwa selain Median,---yang dalam Statistik di samping dikenal dengan Ukuran Rata-rata Pertengahan juga dikenal sebagai Ukuran Rata-rata Letak-terdapat pula ukuran lain yang dapat dimasukkan dalam kelompok Ukuran Rata-rata Letak, yaitu: Quartile, Decile, dan Percentile, yang batasan atau pengertiannya lebih lanjut akan dikemukakan di belakang _”

Oleh sebab itu, setelah selesai pembicaraan mengenai Mean, Median dan Modus, akan dilanjutkan dengan pembicaraan mengenai Quartile, Decile dan Percentile, sebab ketiga macam ukuran yang disebutkan terakhir ini, dalam dunia Statistik Pendidikan, cukup memiliki kegunaan dan arti yang penting.

Sumber:
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Hal.77-79.

Keyword terkait:
act average score, accounting average salary, asu average gpa
Tag : Statistik
0 Comments for "Ukuran Rata-Rata dan Macamnya"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top