Teknis Analisis Korelasional: Pengertian, Tujuan dan Penggolongannya

AsikBelajar.Com | Artikel dalam postingan ini dikutip dari buku Anas Sudijono tahun 2010 halaman 188-189, yaitu:

1. Pengertiannya
Teknik Analisis Korelasional ialah teknik analisis statistik mengenai hubungan antardua variabel atau lebih.

2. Tujuannya
Teknik Analisis Korelasional memiliki tiga macam tujuan, yaitu:
a. Ingin mencari bukti (berlandaskan pada data yang ada), apakah memang benar antara variabel yang satu dan variabel yang lain terdapat hubungan atau korelasi.

b. Ingin menjawab pertanyaan apakah hubungan antarvariabel itu (jika memang ada hubungannya), termasuk hubungan yang kuat, cakupan, ataukah lemah.

c. Ingin memperoleh kejelasan dan kepastian (secara matematik), apakah hubungan antarvariabel itu merupakan hubungan yang berarti atau meyakinkan (signifikan), ataukah hubungan yang tidak berarti atau tidak meyakinkan.

3. Penggolongamyza
Teknik Analisis Korelasional dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu Teknik Analisis Korelasional Bivariat dan Teknik Analisis Korelasional Multivariat.

Teknik Analisis Korelasional Bivariat ialah teknik analisis korelasi yang mendasarkan diri pada dua buah variabel.

Cantoh: Korelasi antara prestasi belajar dalam bidang studi Agama Islam (Variabel X) dan sikap keagamaan siswa (variabelY).

Adapun Teknik Analisis Korelasional Multivariat ialah teknik analisis korelasi yang mendasarkan diri pada lebih dari dua variabel.

Contoh: Korelasi antara Sikap Keagamaan Siswa (variabel X1) dengan Suarana Keagamaan di lingkungan Keluarga (varibel X2), lingkungan Keagamaan Siwa di Mayarakat (variabel X3), Tingkat Pengetahuan Agama Orang Tua Siswa (variabel X4), dan Prestasi Belajar Siswa dalam bidang studi Agama Islam (variabel X5).

Dalam pembicaraan lebih lanjut hanya akan dikemukakan salah-satu dari dua macam teknik analisis korelasi tersebut, yaitu Teknik Analisis Korelasional Bivariat

Sumber:
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Hal.188-189.
Tag : Statistik
0 Comments for "Teknis Analisis Korelasional: Pengertian, Tujuan dan Penggolongannya"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top