Pengertian Rata-Rata Statistik

AsikBelajar.Com | Istilah “rata-rata” dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya merupakan istilah yang acapkali kita jumpai dan bahkan sering kita gunakan; karena itu istilah tersebut kiranya bukan

Seperti telah kita maklumi bersama, apabila kita berhadapan dengan sekumpulan data yang berupa angka, misalnya Nilai Hasil Tes Seleksi, Nilai Ebtanas Murni (NEM), Nilai Rapor, Nilai Ijazah atau Nilai STTB dan lain sebagainya, maka pada umumnya kita menjadi tertarik untuk mengetahui satu buah nilai yang dapat kita anggap mewakili kumpulan nilai yang ada di hadapan kita itu, yaitu satu nilai yang kita pandang representatif dapat mencerminkan gambaran secara umum mengenai keadaan nilai tersebut. Satu buah nilai dengan fungsi seperti yang telah dikemukakan di atas itulah yang dalam dunia statistik kita kenal dengan istilah Rata-rata atau Nilai Rata-rata atau Harga Rata-rata atau Ukuran Rata-rata.

Nilai Rata-rata dari sekumpulan data yang berupa angka impedaumumnya mempunnui kecenderungan untuk berada di sekitar titik pusat penyebaran data angka tersebut; karena itulah Nilai Rata-rata atau Ukuran Rata-rata itu dikenal pula dengan nama Ukuran Tendensi Pusat (Measure of Central Tendency). Nilai Rata-rata juga dikenal dengan istilah Ukuran Nilai Pertengahan (Measure of Central Value), sebab Nilai Rata-rata itu pada umumnya merupakan nilai pertengahan dari nilai-nilai yang ada. Selain itu, karena Nilai Rata-rata itu biasanya berposisi pada sekitar sentral penyebaran nilai yang ada, maka Nilai Rata-rata itu pun yang dikenal dengan nama Ukuran Posisi.

Dari uraian di atas secara singkat dapat dikemukakan bahwa apa yang dimaksud dengan Rata-rata itu tidak lain adalah: Tiap bilangan yang dapat dipakai sebagai wakil dari rentetan nilai Rata-rata itu wujudnya hanyalah satu bilangan saia; namun dengan satu bilangan itu akan dapat tercermin gambaran secara umum mengenai kumpulan atau deretan bahan keterangan yang berupa angka atau bilangan itu.

Sumber:
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Hal.76-77.

Keyword terkait:
act average score, accounting average salary, asu average gpa
Tag : Statistik
0 Comments for "Pengertian Rata-Rata Statistik"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top