Snowball Sampling: Cara, kelebihan dan kekurangan

AsikBelajar.Com | Teknik sampling ini bagian dari teknik Nonprobability sampling. Inilah hasil resume dari buku Sugiarto, dkk (2001:44-45) sbb:

Teknik sampling ini sangat tepat digunakan bila populasinya sangat spesifik. Cara pengambilan sampel dengan teknik ini dilakukan secara berantai, mulai dari ukuran sampel yang kecil, makin lama menjadi semakin besar seperti halnya bola salju yang menggelinding menuruni lereng gunung/bukit. Dalam pelaksanaannya, pertama-tama dilakukan interview terhadap suatu kelompok/seseorang responden yang relevan, dan untuk selanjutnya yang bersangkutan diminta untuk menyebutkan (menunjuk) calon responden yang berikutnya yang memiliki spesifikasi/spesialisasi yang sama. Tindakan ini ditempuh, karena biasanya responden yang merupakan anggota populasi yang spesifik tersebut saling mengenal satu sama lain karena spesialisasi (profesi) mereka.

Sebagai contoh bila akan diteliti pendapat para ahli penyakit dalam senior Indonesia terhadap pengobatan penyakit dalam menggunakan tenaga dalam, maka pengambilan sampel dapat dilakukan dengan Snowball sampling. Pertimbangan tersebut dikaitkan dengan kenyataan bahwa populasi yang berupa ahli penyakit dalam senior di Indonesia sangat spesifik, jumlahnya sedikit dengan lokasi yang tersebar dan karena profesi yang sama maka kemungkinan besar mereka saling mengenal satu dengan yang lain. Pertama, dicari seorang ahli penyakit dalam senior. Selanjutnya dari satu orang ini diminta menunjukkan beberapa ahli lain yang dapat diwawancarai, demikian seterusnya sehingga diperoleh sejumlah responden yang diperlukan.

Kelebihan
Melihat dari terfokusnya sampel, hasil penelitian dengan Snowball sampling ini dapat diperkirakan tidak akan banyak menyimpang dari apa yang sebenarnya terjadi pada populasinya. Dengan kata lain, bias yang dihasilkan dari hasil penelitian relatif kecil.

Kekurangan
Kendala utama dari metode Snowball sampling ini terletak pada besarnya waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh informasi karena populasi yang spesifik serta tersebarnya populasi. Wawancara melalui telephone mungkin dapat menjadi salah satu jalan keluar terbaik bagi pengumpulan informasi selain pengiriman angket melalui pos.

Sumber:
Sugiarto dkk. 2001. Teknik Sampling.  Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 
Tag : Ujar
0 Comments for "Snowball Sampling: Cara, kelebihan dan kekurangan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top