Fungsi Statistik Dalam Dunia Pendidikan

AsikBelajar.Com | Diambil dari buku Pengantar Statistik Pendidikan karangan Anas Sudijono (2010:9-11) sbb:

Fungsi yang dimiliki dalam dunia pendidikan--terutama bagi para pendidik (pengajar-guru-dosen! dan lainlain)-adalah: menjadi alat bantu.

Tidak dapat disangkal bahwa dalam melaksanakan tugasnya, seorang pendidik akan senantiasa terlibat pada masalah penilaian atau evaluasi yaitu penilaian atau evaluasi terhadap hasil pendidikan setelah anak didik menempuh proses pendidikan selama jangka waktu yang telah ditentukan. Di dalam kegiatan menilai hasil pendidikan itu, seorang pendidik mengenakan norma tertentu; norma tersebut pada hakikatnya adalah semacam ukuran. Hasil penilaian itu biasanya dinyatakan dalam berbagai macam cara; namun cara yang paling umum digunakan adalah dengan menyatakannya dalam bentuk angka (bilangan). Memang hal yang dinilai itu sendiri-yaitu kemajuan atau perkembangan anak didik setelah mereka menempuh proses pendidikan dalam jangka waktu tertentu-sebenarnya bersifat kualitatif, akan tetapi diubah menjadi data yang bersifat kuantitatif. Dengan kata lain, terhadap hasil penilaian itu dilakukan kuantifikasi. Alasan kuantifikasi itu sudah barang tentu bermacam-macam, namun alasan yang paling utama ialah, dengan melakukan pengubahan bahan keterangan yang bukan berupa angka menjadi bahan keterangan yang berupa angka, pendidik akan dapat dengan secara lebih jelas dan tegas memperoleh gambaran mengenai kemajuan atau perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik, setelah mereka menjalani proses pendidikan. Dengan menggunakan data kuantitatif seorang pendidik akan lebih dapat memperoleh kepastian, ketimbang menggunakan data kualitatif.

Baca juga: 6 Kegunaan Statistik Bagi Pendidik Professional

Karena dalam kegiatan penilaian hasil pendidikan cara yang paling umum adalah dengan menggunakan data kuantitatif, maka tidak perlu diragukan lagi bahwa statistik dalam hal ini akan mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk mengolah, menganalisis, dan menyimpul kan hasil yang telah dicapai dalam kegiatan penilaian tersebut.

Sumber:
Sudijono, Anas, 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Cetakan ke-22.
Tag : Statistik, Ujar
0 Comments for "Fungsi Statistik Dalam Dunia Pendidikan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top