Penggolongan Statistik Menurut Anas Sudijono

AsikBelajar.Com | Menurut Prof. Drs. Anas Sudijono dakam buku Pengantar Statistik Pendidikan bahwa Statikstik dapat digolongkan berdasarkan tingkat pekerjaannnya (tahapan yang ada dalam kegiatan statistik), kegiatan statistik sebagai ilmu pengetahuan dibedakan menjadi dua golongan, yaitu :

1. Statistik Deskriptif
Statistik Deskriptif biasanya dikenal dengan istilah statistik deduktif, statistic sederhana, dan deskriptif statistics. Statistik ini merupakan statistik yang tingkat pekerjaannya mencakup cara-cara menhimpun, menyusun atau mengatur, mengolah, menyajikan, dan menganalisis data angka agar dapat memberikan gambaran yang teratur, ringkas dan jelas mengenai suatu gejala, peristiwa atau keadaan sehingga dapat ditarik pengertian atau makna tertentu. Dalam hal ini pemakai statistik deskriptif tidak dapat mengambil kesimpulan yang bersifat umum (generalisasi) karena disini statistic memang terbatas pada hal yang ada saja.

Baca juga: Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial

2. Statistik Inferensial
Statistik Inferensial dikenal dengan istilah Statistik Induktif, Statistik Lanjut, Statistik Mendalam atau Inferensial Statistics. Statistik ini merupakan statistic yang menyediakan aturan atau cara yang dapat digunakan sebagai alat dalam rangka mencoba untuk menarik kesimpulan yang bersifat umum, dari kumpulan data yang telah disusun dan diolah. Statistik ini juga menyediakan aturan tertentu untuk menarik kesimpulan (conclusion), penyusunan atau pembuatan ramalan (prediction), penaksiran (estimation) dan sebagainya.

Kesimpulan:
Statistik Deskripsi merupakan statistik dasar sebelum mempelajari statiktik inferensial.

Sumber:
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Halaman 4-5.
Tag : Ujar
0 Comments for "Penggolongan Statistik Menurut Anas Sudijono"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top