6 Kegunaan Statistik Bagi Pendidik Professional

6 Kegunaan  Statistik Bagi Pendidik Professional – AsikBelajar.Com.  Bagi seorang pendidik professional, statistik juga memiliki kegunaan yang cukup besar; sbab dengan menggunakan statistik sebagai alat bantu, maka berlandaskan pada data eksak itu ia akan dapat:
  1. Memperoleh gambaran – baik gambaran secara khusus maupun gambarab secara umum -  tentang suatu gejala, keadaan atau peristiwa.
  2. Mengikuti  perkembangan atau pasang surut mengenai gejala, keadaan atau peristiwa tersebut, dari waktu ke waktu.
  3. Melakukan pengujian, apakah gejala yang satu berbeda dengan gejala yang lain ataukah tidak; jika terdapat perbedaan apakah perbedaan itu merupakan perbedaan yang berarti (meyakinkan) ataukah perbedaan itu terjadi hanya secara kebetulan saja.
  4. Mengetahui, apakah gejala yang satu ada hubungannya dengan gejala yang lain.
  5. Menyusun laporan yang berupa data kuantitatif dengan teratur, ringkas dan jelas.
  6. Menarik kesimpulan secara logis, mengambil keputusan secara tepat dan mantap, serta dapat memperkirakan atau meramalkan hal-hal yang mungkin terjadi di masa datang, dan langkah konkret apa yang kemungkinan perlu dilakukan oleh seorang pendidik.

Sumber:
Prof. Drs. Anas Sudijono, 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Cetakan ke-22, Halaman  11.
Tag : Statistik, Ujar
0 Comments for "6 Kegunaan Statistik Bagi Pendidik Professional "

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top