Cara Praktis Evaluasi Kinerja Blog untuk Meningkatkan Traffic dan Penghasilan

Cara Praktis Evaluasi Kinerja Blog untuk Meningkatkan Traffic dan Penghasilan - AsikBelajar.Com.  Mungkin ada diantara kita yang sudah lama ngeblog namun bila ditinjau dari jumlah pengunjung dan traffic yang ada masih kurang menggembirakan. Pada hal mungkin Anda sudah melakukan beberapa postingan artikel yang dibuat tanpa copy paste alias asli dari tulisan Anda sendiri.  Nah bila itu terjadi, lakukanlah beberapa hal berikut ini:

Cara Praktis Evaluasi Kinerja Blog untuk Meningkatkan Traffic dan Penghasilan

Periksa Postingan Lama
Periksalah kembali setiap postingan Anda dan bandingkan dengan postingan yang lain dalam jumlah tayangan.  Temukan postingan artikel Anda yang tayangan/kunjungannya kurang atau di bawah rata-rata kunjungan artikel lainnya dan periksa penyebabnya.

Lengkapilah setiap postingan artikel Anda dengan Deskripsi Penelusuran.  Hal ini penting untuk menambah kata kunci dimata mesin pelacak.  Coba test di google judul postingan Anda yang kurang tersebut. Ambil judul postingan yang muncul di google dan masukan di dalam Deskripsi Penelusuran.

Baca Juga: Agar Blog Menjadi Sumber Tambahan Penghasilan

Periksa Alexa
Data yang ditunjukkan pada alexa dapat digunakan sebagai langkah awal kita memulai evaluasi terhadap kinerja blog.  Dari alexa kita dapat mengetahui posisi ranking web/blog kita secara global maupun sesuai lokal.  Data pada Global Rank menunjukkan populeritas posisi web/Blog kita diseluruh dunia, sedang Ranking Indonesia adalah populeritas posisi web/Blog yang ada di Indonesia namun termasuk juga web/blog luar yang ikut diakses di tingkat lokal/Indonesia.

Selain data ranking  populeritas web/blog data bounce rate perlu medapat perhatian kita. Data ini menunjukan tentang prilaku pengunjung terhadap web/blog kita ketika mereka bertamu/berkunjung ke web/blog kita.  Makin besar/tingginya nilai bounce rate menunjukan bahwa pengunjuk web/blog kita hanya sedikit yang melakukan kunjungan pada artikel lain atau dengan kata lain makin besar nilainya bounce rate traffic blog makin kecil begitu juga sebaliknya.  Sehingga dengan melihat data pada bounce rate kita dapat melakukan antisipasi tindakan yang akan diambil. Contohnya, bila link artikel terkait juga berperan dalam memberikan informasi kepada pengunjung, maka kita dapat menambahkan link “Baca Juga” di dalam setiap postingan artikel.  Sehingga diharapkan link tersebut dapat memberikan informasi kepada pengunjung untuk mengklik link tersebut sebagai artikel yang berhubungan dengan artikel yang telah dibaca sebelumnya. Bila itu terjadi, maka dapat dipaastikan traffic anda akan meningkat dan nilai bouce rate pasti menurun.

Baca Juga: Traffic Blog; Kenapa Diperlukan?

Pada data daily pageviews per visitor menunjukan jumlah pengunjung yang melihat artikel pada web/blog Anda pada setiap kunjungan. Makin besar nilainya makin bagus. Dan ini menunjukkan bahwa pengunjung Anda tertarik membaca artikel yang Anda tulis/posting tersebut. Bila nilainya kecil. maka lakukanlah hal seperti pada bounce rate di atas tadi.

Data yang ada pada daily time on site mununjukkan bahwa berapa lama pengunjung betah membaca atau mengakses web/blog Anda.  Semakin besar/tinggi angka yang ditunjukkan semakin lama pengunjung tersebut mampir di web/blog Anda.

Periksa dan Benahi Permalink
Ada baiknya periksa permalink yang ada disetiap tampilan artikel postingan Anda.  Bila ternyata kurang baik, maka lakukanlah perbaikan terhadap permalink atau tautan permanen tersebut. Karena hal ini berkaitan dengan SEO web/blog Anda.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Tautan Permanen Khusus

Demikian, semoga bermanfaat.  Aamiin YRA.

Tag : Blog
0 Comments for "Cara Praktis Evaluasi Kinerja Blog untuk Meningkatkan Traffic dan Penghasilan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top