2 Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Pemasangan Widget Blog

2 Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Pemasangan Widget Blog - AsikBelajar.Com.  Sewaktu awal ngeblog (sebagai blogger pemula) saya selalu ingin mencoba-coba memasang beberapa widget yang tersedia di template blog.  Senang rasanya melihat widget tersebut tampil.  Berlalunya waktu, widget yang tidak relevan dan tidak sesuai tujuan blog tersebut saya kurangi karena blog mempunyai beban yang berat dalam hal kecepatan loadingnya.  Padahal pembaca perlunya yang serba cepat. Sekarang, pemasangan widget bila tidak terlalu penting lebih baik dihindari alias jangan dipasang.

Baca Juga: Kesalahan Dalam Blogging Bagi Pemula

Dalam Postingan ini akan saya paparkan tentang hal-hal yang harus kita pertimbangkan dalam pemasangan widget tersebut.  Sebelum ke inti postingan, terlebih dahulu saya kutip sedikit dari blog teman tentang Arti Apa Itu Widget termasuk Istilah yang Digunakan serta Fungsi Widget.

2 Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Pemasangan Widget Blog

 Apa Itu Widget ;" Widget adalah aplikasi kecil yang dapat diinstal dan dijalankan dalam halaman web oleh pengguna akhir. Mereka berasal dari ide penggunaan berupa kode untuk perangkat lunak untuk web."

Istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan widget web meliputi: Portlet, gadget, lencana, modul, webjit, kapsul, snippet, mini dan serpihan. Widgets biasanya dibuat dalam DHTML, JavaScript,CSS atau Adobe Flash.

Pada web Blogspot sendiri widget memiliki Istilah yang bermacam-macam untuk widget seperti: portlet, gadget, badge, webjit, capsule, snippet, dll.

Fungsi Widget ;Pada dasarnya setiap blog baik wordpress, blogspot  maupun halaman web lainnya sudah memiliki Widget bawaaan tapi untuk menampilkan atau mendesain halaman web para Admin atau pemilik halaman web biasanya akan menambah widget selain bawaan yang maksudnya untuk lebih memberikan kenyamanan maupun kemudahan para pembaca mendapatkan informasi dari halaman yang dikelola para Admin.

2 Pertimbangan Pemasangan Widget Pada Blog:
  1.  Sebagai Sumber Informasi Pengunjung Blog:  Usahakan widget yang dipasang tersebut harus mempunyai fungsi penting sebagai sumber informasi bagi pengunjung.  Diharapkan pemasangan widget tersebut mampu memberikan informasi tentang apa-apa yang dibutuhkan oleh pembaca.  Sehingga bahan atau artikel yang dicari pengunjung dapat dengan mudah dicapainya.  Arti lain adalah usahakan pemasangan widget tersebut mempermudah pengunjung mencapai artikel atau bahan yang dicarinya.  Dalam hal ini widget bisa juga sebagai Etalase Blog atau pajangan yang mau dijual sebagaimana layaknya orang jualan.
  2. Sebagai Profit Oriented:  Jika kalian sebagai publisher AdSense (Google AdSense) pemasangan widget terpaksa tidak boleh dicampur dengan kode html aplikasi lain (melanggar TOS), maka pemasangan widget hendaknya tersendiri.  Pasanglah widget tersebut pada posisi yang strategis, sehingga menguntungkan bagi blog Anda.  Usahakan pemasangan widget untuk kode AdSense tersebut dibatasi dan gunakan tampilan iklan AdSense pada atau dalam postingan sebagai trik mengurangi pemasangan widget pada template blog Anda.
Semoga postingan ini dapat menjadi inspirasi bagi blogger pemula.
Tag : Blog
0 Comments for "2 Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Pemasangan Widget Blog"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top