Tujuan Evaluasi Keberhasilan Kepala Sekolah

Tujuan Evaluasi Keberhasilan Kepala Sekolah - AsikBelajar.Com.  Dalam melaksanakan setiap kegiatan pasti ada tujuan yang ingin dicapai, demikian pula diadakannya evaluasi terhadap keberhasilan kepala sekolah tentu memiliki tujuan tertentu. Dalam hubungannya dengan pelaksanaan Evaluasi Program Supervisi Pendidikan ini, tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana perubahan-perubahan yang ditimbulkan oleh supervisi pendidikan yang telah dilakukan. Apakah dengan adanya program supervisi pendidikan tersebut kepala sekolah semakin berhasil melaksanakan tugas-tugasnya sebagai kepala sekolah, atau semakin disiplin, atau moral kerjanya semakin tinggi, dan sebagainya.

Di samping dengan adanya itu tujuan yang diharapkan evaluasi keberhasilan kepala sekolah dicapai sekolah adalah sebagai berikut:
  1. Menarik perhatian kepala sekolah pada pengembangan jabatan sebagai pimpinan pembelajaran. Evaluasi merupakan bagian yang pengembangan jabatan sekolah.
  2. Memberikan kesempatan kepada kepala sekolah dalam menumbuhkan kompetensinya. Evaluasi yang dilakukan secara kontinyu dan obyektif mernberikan kesempatan kepada kepala sekolah yang bersangkutan untuk mengetahui kemampuannya sehingga diharapkan kepala sekolah yang bersangkutan dapat secara kontinyu bersama mencapai standart yang maksimal.
  3. Membantu usaha kepala sekolah dalam mengadakan kerja sama yang baik secara horizontal maupun vertikal.
  4. Membantu kepala sekoIah mengadakan Self Corection dan kritik diri sehingga kepala sekolah, itu dapat mengetahui kebaikan-kebaikan dan kelemahan¬-kelemahan dirinya.
Dengan demikian evaluasi keberhasilan kepala sekolah amatlah penting. Dalam rangka mengetahui keberhasilan program supervisi pendidikan juga penting bagi guru-guru dan murid-murid. Manfaat evaluasi keberhasilan kepala sekolah adalah dapat mengetahui pelaksanaan tugas kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor.
Tag : Manajemen
0 Comments for "Tujuan Evaluasi Keberhasilan Kepala Sekolah"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top