Takjil: Salah Kaprah Tapi Enak Disantap

Takjil: Salah Kaprah Tapi Enak Disantap - AsikBelajar.Com.  Bila tiba bulan ramadhan kata-kata takjil sering dibicarakan ibu-ibu.  Para ibu-ibu tersebut selalu repot memilih "Takjil" yang enak disantap untuk disajikan buat keluarga tercinta.  Namun sebenarnya ibu-ibu tersebut salah dalam mengartikan istilah Takjil sebenarnya.  Ibu-ibu tersebut mengartikan Takjil sebagai kata benda atau benda makanan pembuka puasa. Lalu apa arti Takjil sebenarnya?

Takjil: Salah Kaprah Tapi Enak Disantap

Dari beberapa sumber online mengatakan bahwa Takjil sebenarnya lebih tepat kalau ditulis dengan TA'JIL karena koma diatas sebagai tanda dari huruf AIN (ع) dalam bahasa Arab.  Ta'jil yang sudah biasa ditulis takjil artinya adalah PENYEGARAN. Yang dimaksudkan penyegaran disini adalah untuk menyelesaikan puasa/membatalkan puasa dengan memakan sesuatu.dan dalam islam dianjurkan sebelum berbuka terlebih dahulu dibatalkan dengan makan makan kecil/bukan makan pokok yang manis dan menyegarkan, yang dicontohkan rasulullah SAW adalah Kurma.

Dalam beberapa sumber kesehatan malah mengatakan perlunya ditinjau ulang hidangan manis yang disajikan saat puasa bisa memancing gula darah Anda naik.  Jadi kita perlu bijak tentang istilah takjil secara operasional, walau secara tata bahasa kita sudah terlanjur salah kaprah. Kita telah mengubah kata Takjil dari kata sifat menjadi kata benda. Namun secara operasional kita harus berhati-hati dalam penyajiannya. Karena salah saji dapat mengganggu kesehatan Anda semua. Selamat berpuasa, semoga amal dan pahala Anda dapat diterima Allah SWT, Aamiin YRA.
Tag : Opini
0 Comments for "Takjil: Salah Kaprah Tapi Enak Disantap"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top