Bidang-Bidang Bimbingan Dan Konseling

Bidang-Bidang Bimbingan dan Konseling - AsikBelajar.Com.  Bidang-bidang bimbingan dan konseling secara umum seperti yang dikutip oleh Dra. Hellen A, M.Pd dalam bukunya Bimbingan Dan Konseling, mencakup empat buah bidang yaitu:

a.    Bidang Bimbingan Pribadi
Yaitu membantu siswa menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mantap dan mandiri serta sehat jasmani dan rohani.

b.    Bidang Bimbingan Sosial
Dalam bidang bimbingan sosial, pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah berusaha iriembatu pesrta didik meiigeiial dan berhubungan dengan lingkungan sosixlnya yang dilandasi budi pekerti, tanggung jawab kemasyarakatan  dan kenegaraan.

c.    Bidang  Bimbingan Belajar
Dalam bimbingan belajar, layanan bimbingan konseling membantu peserta didik untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau untuk teijun ke lapangan pekerjaan tertentu.

d.    Bidang Bimbingan Karier
Dalam bidang bimbingan karier, pelayanan bimbingan dan konseling ditujukan untuk mengena potensi dirt, mengembangkan dan memantapkan
pilihan karier.

Dr. Syamsu Yusuf, LN. dan Dr. A. Juntika Nurihsan, dalam bukunya Landasan Dimbitigan Konseling, menggolongkan bidang bimbingan tersebut kedalain ragam bimbingan menurut masalahnya, yaitu:

a.  Bimbingan Akademik
Merupakan bimbingan yang diarahkan untuk membantu para individu dalam mengbadapi dan memecahkan masalah-masalah akademiit, seperti pengenalan kurikulum, pemilihan jurusan/konsentrasi cara belajar, penyelesaian tugas-tugas dan latihan, pencarian dan penggunaan sumber belajar, perencanaan pendidikan lanjutan, dan lain-lain. Bimbingan akademik dilakukan dengan cara mengembangkan suasana belajar mengajar yang kondusif dan terhindnr dari kesulitan-kesulitan belajar.

b.    Bimbingan Postal Pribadi
Merupakan bimbingan untuk membantu para individu dalam memecahkan masalah-masalah sosial pribadi. Misalnya masalah hubungan dengan sesama teman, pemahaman sifat dan kemampuan diri, penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan dan masyarakat tempat mereka tinggal dan penyelesaia konflik.

c.    Bimbingan Karier
Merupakan bimbingan untuk membantu individu dalam perencanaan, pengembangan dan pemecahan masalah-masalah karier, seperti pemahaman terhadap jabatan dan tugas-tugas kerja, pemahaman kondisi dan kemampuan diri. pemecahan masalah-masalah karier yang dihadapi dan lain-lain.

d.    Bimbingan Keluarga
Merupakan upaya pemberian bantuan kepada para individu sebagai pemimpin/anggota keluarga agar mereka mampu menciptakan keluarga yang utuh dan harmonis, memberdayakan diri secara produktif, dapat menciptakan dan menyesuaikan diri dengan norma keluarga, serta berperan aktif dalam mencapai kehidupan keluarga yang bahagia.
Tag : Manajemen
0 Comments for "Bidang-Bidang Bimbingan Dan Konseling"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top