Berbagai Teori Kepemimpinan

Berbagai Teori Kepemimpinan - AsikBelajar.Com.  Berbagai teori kepemimpinan adalah sebagai berikut.
1.Trait Theory
Pemimpin memiliki ciri-ciri kepribadian dan karakter yang berbeda dengan orang kebanyakan. Contoh kepribadian dan karakter yang dimilki oleh seorang pemimpin yaitu kemampuan adaptasi terhadap situasi kepekaan sosial, ambisius, asertif, kooperatif, decisive, dapat diandalkan, keinginan untuk mendominasi, energik, percaya diri, resistance terhadap stres, dan mampu mengemban tanggung jawab. 

2.Behavior Theory
Antara tahun 1940-an hingga 1960-an berkembang teori kepemimpinan tingkah laku. Teori  kepemimpinan  ini  menyatakan  bahwa  tingkah  laku  tertentu  membedakan  antara pemimpin  dan  bukan  pemimpin.  Berdasarkan  teori  ini  kepemimpinan  itu  dapat diajarkan.Oleh karena itu, untuk melahirkan pemimpin yang baik kita bisa mendesain sebuah program khusus.

3.Situtional Theory (Teori Kemungkinan) 
Teori  ini  menyatakan  kepemimpian  dipengaruhi  oleh  situasi  dimana  faktor-faktor tertentu dari situasi menentukan ciri-ciri pemimpin yang sesuai untuk situasi tersebut. Dalam teori ini menyatakan bahwa munculnya pemimpin dalam suatu organisasi tergantung pada aspek  karakteristik  birokrasi,  organisasi  informal,  karakteristik  hubungan  antara  atasan bawahan,rancangan tugas yang memungkinkan individu mencapai aktualisasi diri danaspek kesesuaian antara sasaran organisasi dengan sasaran individual para anggotanya (Bennis, 1981). 

4.Teori Kepemimpinan Mutakhir
Dalam  teori  ini  didasarkan  pada  kemampuan  lebih  pada  seseorang  pemimpin dibandingkan dengan yang lain. Yang termasuk ke dalam kajian teori mutakhir adalah teori kepemimpinan  atribusi,  teori  kepemimpinan  karismatik,  teori  kepemimpinan transformasional yang sering dibandingkan dengan teori kepemimpinan transaksional.

Di antara berbagai teori mengenai lahirnya paling pemimpin ada tiga diantaranya yang paling menonjol yaitu sebagai berikut.

1.     Teori Genetie
Inti dari teori ini tersimpul dalam mengadakan "leaders are born and not made". bahwa penganut teori ini mengatakan bahwa seorang pemimpin akan ada karena telah dilahirkan dengan bakat pemimpin. 

2.     Teori Sosial
Jika  teori  ini  menyatakan  bahwa  :"Leaders  are  made  and  not  born".  Penganut- penganut teori ini berpendapat bahwa setiap orang akan dapat menjadi pemimpin apabila diberi pendidikan dan kesempatan untuk itu.

3.     Teori Ekologis
Teori  ini  merupakan  penyempurnaan  dari  kedua  teori  genetis  dan  teori  sosial. Penganut-penganut teori ini berpendapat bahwa seseorang hanya dapat menjadi pemimpin yang  baik  apabila  pada  waktu  lahirnya  telah  memiliki  bakat-  bakat  kepemimpinan, dikembangkan  melalui  pendidikan  yang  teratur  dan  pangalaman-pengalaman  yang memungkinkannya untuk mengembangkan lebih lanjut bakat-bakat yang memang telah dimilikinya itu. Teori ini menggabungkan segi-segi positif dari kedua teori genetis dan teori sosial dan dapat dikatakan teori yang paling baik dari teori-teori kepemimpinan.
Tag : Manajemen
0 Comments for "Berbagai Teori Kepemimpinan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top