5 Faktor yang Mempengaruhi Berhasil Tidaknya Supervisi

5 Faktor yang Mempengaruhi Berhasil Tidaknya Supervisi - AsikBelajar.Com.  Menurut Purwanto (2004) ada beberapa faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya supervisi atau cepat-lambatnya hasil supervisi antara lain:
  1. Lingkungan masyarakat tempat sekolah itu berada di kota besar, di kota kecil, maupun di pelosok. Dil ingkungan masyarakat orang-orang kaya atau di lingkungan orang-orang yang pada umumnya kurang mampu. Di lingkungan masyarakat intelek, pedagang, atau petani dan lain-lain.
  2. Besar-kecilnya sekolah yang menjadi tanggung jawab Kepala sekolah/madrasah. Apakah sekolah /madrasah itu merupakan kompleks sekolah yang besar, banyak jumlah guru dan muridnya, memiliki halaman dan tanah yang luas, atau sebaliknya. 
  3. Tingkatan dan jenis sekolah. Apakah sekolah yang di pimpin itu SD/MI atau sekolah lanjutan, SLTP/MTs, SMU/MA atau SMK dan sebagainya semuanya memerlukan sikap dan sifat supervisi tertentu. 
  4. Keadaan guru-guru dan pegawai yang tersedia. Apakah guru-guru di sekolah itu pada umumnya sudah berwenang, bagaimana kehidupan sosial-ekonomi, hasrat kemampuannya, dan sebagainya. 
  5. Kecakapan dan keahlian Kepala sekolah/ madrasah itu sendiri. Di antara faktor-faktor yang lain, yang terakhir ini adalah yang terpenting.
Sumber:
Purwanto, Ngalim, 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tag : Manajemen
0 Comments for "5 Faktor yang Mempengaruhi Berhasil Tidaknya Supervisi"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top