Metode Acak Sederhana: Keuntungan dan Kelemahan

Metode Acak Sederhana: Keuntungan dan Kelemahan - AsikBelajar.Com. Metode pengambilan sampel acak sederhana adalah metode yang digunakan untuk memilih sampel dari populasi dengan cara sedemikian rupa sehingga setiap populasi mempunyai peluang yang sama besar untuk diambil sebagai sampel. Ini berarti semua anggota populasi menjadi anggota kerangka sampel.

Bila sampel dari populasi benar-benar diacak maka setiap individu di dalam kerangka sampel akan memiliki peluang yang sama untuk terambil sebagai sampel. Namun, dalam praktiknya penarikan sampel acak yang benar sempurna sulit dilakukan. Hal ini diarenakan adanya kendala-kendala yang ada di lapangan dan keterbatasan-keterbatasan dari pihak pengambl sampel.

Keuntungan:
Mean sampel yang diperoleh akan menjadi penduga tidak berbias dari mean populasinya. Dengan demikian metode analisis dan pendugaannya relatif akan lebih mudah dan tidak terlalu menimbulan permasalahan/kesulitan.

Kelemahan:
Bila dihadapkan dengan populasi yang secara geografis tersebar. Metode ini akan merugikan, dalam arti memerlukan biaya dan waktu yang besar, jika pada akhirnya sampel yang terambil secara geografis sangat tersebar dan saling berjauhan. Kelemahan lainnya yaitu kerangka dari seluruh individu dalam populasi harus dibuat.  Sering tidak tersedianya data yang cukup mendukung untuk menyusun kerangka sampel secara lengkap.
Tag : Ujar
0 Comments for "Metode Acak Sederhana: Keuntungan dan Kelemahan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top