Skala Rasio (Skala Nisbah)

Skala rasio adalah skala pengukuran yang mempunyai semua sifat skala interval ditambah satu sifat lain yaitu memberikan keterangan tentang nilai absolut dari objek yang diukur.  Skala rasio merupakan skala pengukuran yang ditujukan kepada hasil pngukuran yang bisa dibedakan, diurutkan, mempunyai jarak tertentu dan bisa dibandingkan.

Skala rasio menggunakan titik baku mutlak (titik nol mutlak). Angka pada skala rasio menunjukkan nilai yang sebenarnya dari objek yang diukur, sedangkan besar satu satuan ukur ditetapkan dengan suatu perjanjian tertentu. Pada skala rasio, jarak dan waktu pengukuran mempunyai titik nol yang sejati dan rasio antara dua titik skala tidak tergantung pada unit pengukuran.

Contoh: bila kita ingin membandingkan berat dua benda. Berat benda A 50 gram dan benda B 100 gram. Disini kita tahu bahwa benda B dua kali lebih berat daripada benda A, karena nilai variabel numerik berat mengungkapkan rasio dengan nilai 0 sebagai titik bakunya.

Atau dengan kata lain bahwa skala rasio merupakan penggabungan dari ketiga sifat skala sebelumnya. Skala rasio memiliki nilai nol mutlak dan datanya dapat dikalikan atau dibagi. Akan tetapi, jarak antar kategorinya tidak sama karena bukan dibuat dalam rentang interval. Misalnya, tinggi badan sampel terdiri dari 143, 145, 153, 156, 175, dst.


Tag : Ujar
0 Comments for "Skala Rasio (Skala Nisbah)"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top