Contoh Pengambilan Sampel dengan Cara Undian

Misal ingin diambil sampel acak 2 orang mahasiswa dari 6 orang mahasiswa. Cara paling mudah untuk dapat mengambil dua mahasiswa sampel secara acak sederhana adalah dua cara, yaitu:
Pertama:
Ambil 6 kelereng sama besar, sama berat, sama bentuk, dan beda warna yang masing-masing kelereng mewakili satu orang/mahasiswa/individu tertentu. Dengan mata tertutup ambil kelereng pertama dai kelereng-kelereng yang telah dikocok. Dengan tanpa megembalikan kelereng pertama ke dalam wadah, ambil lagi kelereng kedua. Setelah terambil dua kelereng, nama mahasiswa yang terwakili oleh dua kelereng tersebut digunaan sebagai sampel dari 6 mahasiswa sasaran. Selanjutnya terhadap mereka berdua dilakukan eksplorasi yang terkait dengan karateristik yang ingin diketahui.
Kedua:
Ambil 15 kelereng yang sama ukuran tetapi diberi kode yang berbeda yang masing-masing mewakili satu kombinasi dari dua orang mahasiswa, karena dari 6 mahasiswa tersebut ada 15 kemungkinan pasangan dari 2 mahasiswa. Ambil dengan mata tertutup 1 kelereng dari 15 kelereng tersebut yang telah dikocok. Karena setiap kelereng mewakili setiap pasang mahasiswa, maka otomatis telah terambil 2 mahasiswa sampel ang diinginkan.
Tag : Ujar
0 Comments for "Contoh Pengambilan Sampel dengan Cara Undian"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top